Bantuan Tangan Kasih Tahap III Kabupaten Manokwari Mulai Disalurkan

MANOKWARI Kabartimur.com- Kabar gembira bagi penerima bantuan tangan kasih tahap III dimana bantuan tersebut mulai besok (8/2/2022) mulai disalurkan.

Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Manokwari, Yusak Dowansiba usai melakukan pertemuan dengan semua kepala distrik se-kabupaten Manokwari di kantor Disnakertrans Manokwari , Senin (7/2/2022).

Bacaan Lainnya

Yusak menyebutkan bahwa jumlah peserta yang akan menerima bantuan tangan kasih untuk kabupaten Manokwari berjumlah 19.610 orang yang mana bantuan tersebut akan disalurkan melalui tiga Bank yakni Bank BRI , Bank Mandiri dan Bank Papua dimana penerima bantuan tangan kasih terbanyak ada pada distrik Manokwari Barat dengan mencapai 13.000 penerima.

Baca Juga :   SOKSI Cabang Manokwari Sambangi Korban Kebakaran Pasar Wosi

“Dari total 19.610 penerima bantuan , jumlah penerima yang dilayani BRI sebanyak 11.533 orang, Bank Papua 2.000 orang dan Bank Mandiri 4.653” sebut Yusak.

Lanjut Yusak mengatakan bahwa untuk penerima bantuan tangan kasih namanya akan ditempelkan di kantor masing-masing distrik selanjutnya penerima akan melihat daftar namanya sesuai identitas KTP dan Bank mana yang akan mencairkan Bantuan tersebut dan setiap penerima bantuan tangan kasih akan mendapatkan bantuan sebesar Rp 3.600.000 ; namun pihak bank akan melakukan pemotongan BPJS Ketenagakerjaan senilai Rp.200.000 terkecuali penerima lansia yang sudah berumur 65 tahun keatas.

“Sore ini nama-nama penerima bantuan kita sudah serahkan ke masing-masing kepala distrik yang ada dikabupaten Manokwari untuk kemudian daftar penerima bantuan tersebut akan ditempelkan dikantor distrik agar masyarakat penerima mengetahui” ujar Yusak.

Yusak menambahkan bahwa penyaluran bantuan tangan kasih melalui bank BRI dan bank Papua akan melibatkan semua kantor cabang kecuali bank Mandiri yang hanya membuka pelayanan di kantor induk.

Baca Juga :   Disnakertrans Kabupaten Manokwari Gelar Pelatihan Bagi 50 Pencaker di Distrik Sidey

Selain itu, kata Yusak penerima bantuan jika ingin ke Bank wajib membawa persyaratan KTP asli dan menggunakan masker dan tetap patuh dengan protokol kesehatan.

Pihaknya menghimbau kepada semua penerima bantuan tangan kasih kabupaten Manokwari agar besok (hari ini-Red) datang ke kantor distrik sesuai dengan alamat KTP untuk mengecek nama dan bank yang ditunjuk untuk menerima bantuan tersebut dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

Bagi penerima yang Namanya ada dalam daftar penerima namun bersangkutan meninggal Dunia maka ahli waris membawa KTP, KK, akte kematian , surat Keterangan ahli waris dari lurah/distrik kemudian dibawah ke Disnakertrans untuk kemudian direkomendasikan menerima bantuan tersebut.

Adapun sasaran penyaluran bantuan tangan kasih tahap III yakni pekerja formal, informal, hamba-hamba Tuhan dan disabilitas.

Untuk penerima bantuan bagi penyandang disabilitas akan dilayani di kantor Disabilitas ( samping Dinas Sosial Kab.Manokwari) yang mana kantor penerima bersangkutan akan melakukan koordinasi dengan pihak bank untuk penerimaan bantuan tangan kasih tersebut.

Baca Juga :   Kurangi Angka Pengangguran di Manokwari, Disnakertrans Gelar Pelatihan kewirausahaan

Pada kesempatan yang sama kepala distrik Prafi menyampaikan bahwa nama- nama yang menerima bantuan tangan kasih pihaknya akan melakukan koordinasi dengan kepala-kepala kampung yang ada untuk menindaklanjuti masing-masing masyarakat penerima agar tidak terjadi penumpukan Massa.

“Daftar penerima bantuan Kami juga fotocopy lalu dibagikan kepada masyarakat untuk diketahui dan akan disampaikan untuk datang ke bank menerima bantuan tangan kasih” tandasnya.(Red/Lisna)

Pos terkait