Kornelius Mangalik dan Elias Kondorura Nahkodai IKT Papua Barat

  • Whatsapp

WAISAI- Ketua Umum Ikatan Keluarga Toraja (IKT) Manokwari, Kornelius Mangalik, terpilih menjadi Ketua Umum IKT Papua Barat pada sidang pleno IV Muswil III IKT Papua Barat yang digelar Jumat (29/3) malam di Waisai, Raja Ampat.

Kornelius ditetapkan sebagai ketua terpilih setelah dalam tahap pencalonan menjadi satu-satunya bakal calon yang lolos karena mendapat dukungan 11 dari 13 IKT kabupaten/kota se-Papua Barat.

Sebelumnya, forum menyepakati bahwa bakal calon minimal mengantongi dukungan 3 suara. Karena menjadi satu-satunya kandidat yang memenuhi syarat dukungan serta memenuhi seluruh kriteria, maka Kornelius secara otomatis ditetapkan sebagai Ketua Umum.

Kornelius akan didampingi oleh Elias Kondorura Bawan sebagai Sekretaris Umum setelah didukung oleh 13 suara dari IKT Kabupaten/kota. Forum juga memberikan tenggat waktu hingga Mei untuk melengkapi struktur IKT Papua Barat.

“Apa yang sudah terjadi malam ini adalah kehendak Tuhan. Saya tidak sangka akan terjadi seperti ini. Namun inilah yang terbaik buat saya secara pribadi, kepada keluarga dan seluruh sangtorayan (warga asal Toraja) di Papua Barat,” kata Kornelius dalam sambutannya usai pemilihan.

Muswil ini menurut Kornelius bukanlah bertujuan akhir untuk memilih pemimpin. Namun yang lebih penting adalah bagaimana membawa IKT agar dalam pelayanannya menjadi lebih baik.

Muswil III IKT Papua Barat sebelumnya dibuka oleh Gubernur Dominggus Mandacan. Forum ini juga dihadiri oleh Ketua Perhimpunan Masyarakat Toraja Indonesia (PMTI) yang juga wakil ketua Badan Pengurus Pusat KKSS, Frederik Batong.

Pos terkait