PKM FKIP UNIPA Gelar Workshop PTK Berbasis Lesson Study

  • Whatsapp

MANOKWARI-Tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) FKIP UNIPA mengadakan workshop Penelitian Tindakan Kelas (PTK) berbasis Lesson Study pada Forum Musrawarah Guru Mata Pelajaran IPA Kabupaten Manokwari yang dibuka oleh dekan FKIP Unipa Jan Hendrik Nunaki di Kampus Unipa (29/3).
Adapun pemateri oleh anggota Tim PKM yaitu Irfan Yusuf dan Insar Damopolii

Kegiatan workshop tersebut melibatkan guru-guru SMP yang ada di Kabupaten Manokwari yang berasal dari 17 Sekolah sesuai rekomendasi dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Manokwari yaitu Wilayah Manokwari Barat dan Timur.

Ketua Tim PKM, Sri Wahyu Widyaningsih dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan yang dilaksanakan dapat menjadi sarana sharing pengetahuan dan pengalaman dalam pelaksanaan PTK.
Tindak lanjut kegiatan ini yaitu dihasilkannya laporan PTK dari beberapa sekolah dan mempublikasikan hasilnya di jurnal ilmiah.

Saat ini FKIP UNIPA telah memiliki sarana e-jurnal dalam bidang Pendidikan, yaitu Jurnal KPEJ: Kasuari Physics Education Journal (Bidang Lingkup Pendidikan Fisika), Inornatus: Biology Education Journal (Bidang Lingkup Pendidikan Biologi), Arfak Chem: Chemistry Education Journal (Bidang Lingkup Pendidikan Kimia), Journal of Honai Math (Bidang Lingkup Pendidikan Matematika), Fawawi: English Education Journal (Bidang Lingkup Pendidikan Bhs Inggris) dan Jurnal Triton Pendidikan (Bidang Lingkup Pendidikan Bhs Indonesia) yang kesemuanya dapat diakses melalui laman jurnal.unipa.ac.id

Dikatakan Sri, Dengan adanya sarana jurnal tersebut maka sangat memudahkan untuk melakukan publikasi hasil PTK bagi peneliti, sehingga ada tindak lanjut melalui workshop yang dilaksanakan.

Dijelaskan Sri, Kegiatan PTK berbasis Lesson Study dapat dilakukan secara kolaboratif dan berkelanjutan berlandaskan prinsip kolegalitas dan mutual learning sehingga model pembinaan profesi (Lesson Study) dapat dilakukan dalam upaya peningkatan kinerja guru khususnya pada bidang IPA.

Adapun Materi yang dipaparkan PTK berbasis Lesson Study untuk Meningkatkan keprofresionalan guru dalam pengajarannya di sekolah.

“Semakin banyak guru yang profesional dalam pengajarannya maka semakin maju pendidikan di sekolah, sebagai langkah awal kegiatan ini yaitu dengan dilaksanakannya workshop dan selanjutnya akan dilaksanakan PTK secara real di lapangan” terang Irfan Yusuf.

Hal senada disampaikan lnsar Damopolii, dalam memaparkan materi tentang Instrumen Penilaian PTK, bahwa Semakin banyak membaca artikel maka semakin banyak ide yang diperoleh.

Menurutnya Hal tersebut disampaikan untuk mengingatkan para guru yang hadir agar termotivasi dalam melaksanakan tugasnya setelah mengikuti kegiatan workshop yang dilaksanakan oleh Tim PKM.

Pihaknya berharap ada dukungan khusus dari pemerintah dalam mensponsori terkait aktivitas pendidikan yang selanjutnya akan dilaksanakan.

Pos terkait