100 Pelaku UMKM Ikut Meriahkan Wisata Kuliner Nusantara di Manokwari

MANOKWARI, Kabartimur.com – Sebanyak seratus pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) memenuhi jalan percetakan negara, di Sanggeng Manokwari Papua barat, Jumat (12/8/2022).

Seratus pelaku UMKM khusus kuliner tersebut menyajikan menu makanan khas Nusantara dimasing-masing stand yang telah disiapkan dalam rangka wisata kuliner Nusantara yang dan diselenggarakan oleh pemerintah provinsi Papua barat melalui Dinas Koperasi dan UMKM Papua Barat dalam rangka memeriahkan HUT RI ke-77 tahun dan memperingati hari nasional UMKM ke-6.

Bacaan Lainnya

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Papua Barat Stevanus Selang dalam laporannya menyampaikan bahwa kegiatan ini dimaksudkan untuk menumbuhkan kembali perekonomian setelah adanya pandemi covid -19 yang di diharapkan dapat meningkatkan pendapatan masyarakat.

Baca Juga :   Semarakkan HUT RI Ke- 77 Tahun, Turnamen Futsal Mini Antar OPD Manokwari Digelar

Selain itu juga mampu mendorong pelaku UMKM untuk menumbuhkan daya kreatif, meningkatkan daya saing serta meningkatkan nilai tambah hasil produksi dan meningkatkan pemasaran produknya masing-masing.

“Melalui kegiatan ini diharapkan terlaksananya event wisata kuliner UMKM khas Nusantara dalam rangka memperingati HUT RI ke-77 dan hari nasional UMKM ke-6 tahun 2022” harap Selang.

Pada kesempatan yang sama juga dilakukan bantuan penyerahan peralatan berupa tenda metic, meja dan kursi sejumlah 1.600 buah diperuntukkan kepada para pelaku UMKM di kabupaten dan kota di Papua Barat.

Selang merincikan bantuan yang diserahkan yakni untuk Kabupaten Manokwari menerima tenda sejumlah 280 buah. Kabupaten Sorong menerima tenda set yang terdiri dari tenda, meja dan kursi sebanyak 185 buah. Kota Sorong menerima bantuan meja set, tenda, kursi dan meja jualan sebanyak 145 buah.
Kabupaten Sorsel menerima tenda, kursi dan meja jualan sebanyak 100 buah.Kabupaten Fakfak menerima bantuan tenda metic sebangak 300 buah, Kaimana menerima bantuan tenda metic sebanyak 300 buah dan Raja Ampat menerima bantuan tenda metic sebanyak 300 buah.

Baca Juga :   Harhubnas 2018, A. Simatupang Ajak Warga Taati Rambu Lalulintas

Selang menjelaskan bahwa Bantuan yang disalurkan berdasarkan usulan dari kabupaten/kota, sementara kabupaten lain yang tidak mendapatkan bantuan tersebut karena tidak mengusulkan.

Sementara itu, Pj Gubernur Papua Barat Paulus Waterpauw dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan ini dilakukan untuk mengakomodir para pelaku UMKM dibidang kuliner untuk menampilkan aneka masakan kuliner kas Nusantara.

Waterpau berharap agar ditahun mendatang kegiatan ini bisa terlaksana Kembali dan diharapkan pejabat dari pusat untuk meresmikannya.

Kegiatan ini kata Waterpau diharapkan dapat menumbuhkan pemulihan ekonomi para pelaku UMKM khususnya dibidang kuliner, terlebih dimasa pandemi Covid-19 dan pemerintah provinsi maupun kabupaten harus mampu mendorong upaya pemulihan ekonomi guna meningkatkan omset pendapatan pelaku UMKM.

“Ditengah masa pandemi pelaku UMKM diyakini sebagai ujung tombak pemulihan ekonomi di Papua Barat dan akan menciptakan iklim-iklim usaha yang kondusif. UMKM bangkit, UMKM pulih, Papua Barat Sejahtera “, pungkas Waterpau.

Baca Juga :   DAP Apresiasi Penangkapan 60 Jerigen Miras Jenis CT di Kota Sorong

Setelah itu gubernur didampingi Bupati dan pimpinan OPD meninju stand pelaku umkm dan semua pelaku usaha yang telah ikut berpartisipasi diberikan bantuan langsung oleh PJ Gubernur sebesar Rp.1 Juta.
(Red/VR)

Pos terkait