Usung 40 Persen Caleg OAP, PKS Target Tiga Kursi DPRD Teluk Wondama

WASIOR –  Bakal calon anggota DPRD  yang diajukan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) untuk Pemilu 2024 di Kabupaten Teluk Wondama dinyatakan memenuhi syarat oleh KPU setempat, Jumat (12/5/2023).

Dengan demikian sebanyak 20 bacaleg yang diusung PKS lolos ke tahapan verifikasi administrasi.

Ketua DPC PKS Teluk Wondama Antoni mengungkapkan selain keterwakilan perempuan yang mencapai 33 persen, bacaleg yang diajukan PKS juga menyertakan 40 persen Orang Asli Papua (OAP) atau sebanyak delapan orang.

Dia merincikan komposisi OAP untuk dapil I mencapai 80 persen yakni sebanyak empat orang dari total lima kursi yang tersedia. Yang berarti hanya satu bacaleg yang nonPapua.

Pada dapil II dengan enam kursi, bacaleg OAP yang mengisi sebanyak dua orang. Selanjutnya pada dapil III dengan sembilan kursi, PKS mengajukan dua OAP di dalamnya.

Baca Juga :   Tinggal Seorang Diri, PNS Teluk Wondama Ditemukan Meninggal Dalam Kondisi Sudah Membusuk

“Artinya PKS meskipun berbasis muslim tetapi tetap membuka ruang bagi saudara-saudara OAP untuk berpartisipasi, “kata Antoni melalui sambungan telepon Jumat malam.

Dengan komposisi seperti itu, PKS menargetkan bisa meraih tiga kursi DPRD pada Pemilu 2024 atau meningkat satu kursi dibanding perolehan PKS pada Pileg 2019.

Meski begitu, Antoni mengakui butuh perjuangan keras untuk bisa mencapai target tersebut.

“Saya sudah sampaikan ke teman-teman, kita berjuang dengan keras karena Pemilu 2024 agak berat terutama dapil III (wilayah Distrik Wasior). Tapi target kita ke depan kita raih tiga kursi, masing-masing dapil itu kita usahakan dapat satu kursi, “kata Ketua Fraksi Adil Makmur DPRD Teluk Wondama itu. (Nday)

Pos terkait