RKPD 2022, Pj Bupati Edu Nunaki Ingatkan OPD Utamakan Program Prioritas Kepala Daerah Terpilih

  • Whatsapp

WASIOR – Penjabat Bupati Teluk Wondama Eduard Nunaki menekankan kepada seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) agar dalam menyusun perencanaan program dan kegiatan serta anggaran untuk tahun 2022 harus mengutamakan apa yang menjadi prioritas kepala daerah terpilih hasil Pilkada 2020.

Seperti diketahui, KPU Teluk Wondama telah menetapkan Pasangan Hendrik Mambor-Andarias Kayukatuy (HEMAT) sebagai pemenang Pilkada 2020 dengan perolehan suara akhir sebanyak 5.637 suara.

“Dalam kondisi ini, maka dalam dokumen perencanaan dan penganggaran diutamakan apa yang menjadi prioritas kepala daerah terpilih, bukan yang menjadi keinginan kepala OPD,”ucap Nunaki saat membuka Forum OPD dalam rangka penyusunan Rancangan RKPD Tahun 2022 di Gedung Sasana Karya di Isei, Jumat (16/4).

Nunaki menggarisbawahi kebiasaan pimpinan OPD yang umumnya selalu mengutamakan atau mendahulukan program atau kegiatan OPD masing-masing sehingga  mengabaikan prioritas daerah yang merupakan kebijakan kepala daerah.

“Ini hal yang keliru dan perlu diperbaiki,”lanjut Nunaki.

Adapun penyusunan RKPD (rencana kerja pemerintah daerah) Tahun 2022 mengusung tema ‘Penguatan Kesehatan dan Pemulihan Ekonomi yang Berfokus pada Pengembangan Sektor Strategis Daerah’.

Nunaki menekankan, tema tersebut bermakna orientasi pembangunan di tahun depan diarahkan untuk memperkuat kapasitas kesehatan dalam rangka mewujudkan Wondama menuju zona hijau bebas Covid-19.

Juga melakukan pemulihan ekonomi melalui akselerasi peningkatan sektor-sektor ekonomi lokal yang bernilai daya saing yaitu pariwisata dan perikanan.

“Untuk mewujudkan hal tersebut, dibutuhkan dukungan dari semua para pemangku kepentingan termasuk perangkat daerah melalui menghilangkan ego sektor, perubahan mindset dan terus melakukan koordinasi dalam proses perencanaan dan penganggaran,” kata Kepala BPSDM Provinsi Papua Barat ini. (Nday)

 

Pos terkait