Update Covid-19 Wondama : Nakes Ruang Isolasi Terinfeksi, Kasus Covid-19 Jadi 26, Sembuh 23

  • Whatsapp

WASIOR – Seorang tenaga kesehatan (Nakes) yang bertugas RSUD Teluk Wondama dinyatakanterinfeksi virus corona atau Covid-19 pada Minggu, 30 Agustus 2020. Yang bersangkutan selama ini bertugas sebagai perawat di ruang isolasi yang disiapkan untuk perawatan bagi pasien positif Covid-19.

Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 dr.Yoce Kurniawan menjelaskan, perawat berinisial T sedianya bersama dua rekannya akan diroling dari petugas ruang isolasi ke pelayanan biasa. Sesuai protap, sebelum pindah tugas setiap petugas ruang isolasi wajib dilakukan pemeriksaan swab.

Bacaan Lainnya

Lantaran stok cartridge untuk mesin TCM (tes cepat molekular) di RSUD Teluk Wondama sudah menipis, sampel swab ketiga perawat itu dikirim ke Manokwari untuk diperiksa di RS Provinsi Papua Barat pada Rabu lalu.

“Hasilnya baru hari ini (Minggu) keluar secara lisan, hasil tertulis mungkin besok, yang bersangkutan ini dinyatakan positif. Jadi setelah dinyatakan positif kita isolasikan di ruang isolasi, “ ungkap dr.Yoce dalam jumpa pers di Wasior, Minggu malam.

Atas kasus positif itu, menurut Yoce, telah dilakukan tracing terhadap sesama petugas medis ruang isolasi. Tracing awal ditujukan terhadap 3 rekan T yang bertugas sebagai petugas jaga di ruang isolasi sehari sebelum yang bersangkutan terkonfirmasi positif corona.

“Dari mereka ada satu orang yang bergejala flu sehingga langsung dilakukan tracing swab TCM (di RSUD) dan syukur hasilnya negatif, “jelas dr.Yoce yang juga adalah Direktur RSUD Teluk Wondama.

Sementara terhadap 10 petugas ruang isolasi lainnya juga telah dilakukan pengambilan sampel swab dan selanjutnya dikirim untuk diperiksa di RS Provinsi Papua Barat di Manokwari.

“Sekali lagi karena sifatnya skirining kita ambil swabnya dan besok (Senin) kita kirim dengan (kapal) Ekspress. Tetapi tidak menutup kemungkinan selama menunggu hasil kalau ada yang bergejala langsung kita akan TCM-kan di sini untuk memasatikan apakah yang bergejala itu terkena covid atau tidak, “ kata Yoce.

Dengan tambahan kasus positif yang dialami Nakes T maka jumlah keseluruhan kasus konfirmasi positif Covid-19 di Wondama per 31 Agustus 2020 naik menjadi 26 kasus. T sendiri tercatat sebagai Nakes ketiga di Wondama yang terpapar corona.

Adapun kasus sembuh juga bertambah satu orang sehingga total pasien positif yang telah sembuh menjadi 23 orang.

“Jadi 3 orang yang positif masih ada di rumah sakit. Untuk perawat yang positif itu tergolong positif tanpa gejala. Juga untuk dua pasien sebelumnya saat ini dalam keadaan baik, mungkin beberapa hari ini ada lagi yang keluar, “ pungkas Ketua Ikatan Dokter Indonesia Teluk Wondama. (Nday)

Pos terkait