Tongkonan di Likulambe Terbakar

  • Whatsapp

Toraja Utara_Musibah yang terjadi jumat (2/6/2017) di Tongkonan To’ Barana’ dusun Balombong lembang Sa’dan Likulambe kecamatan Sa’dan kabupaten Toraja utara yang mengakibatkan dua buah rumah Tongkonan masing_masing milik keluarga Tandi dan keluarga Nek Garrung serta 1 buah rumah lumbung milik Pare alias  Ne Pero terbakar sebagian dan roboh.

Selain itu 1 buah lumbung milik Sampe atau Ne Gilber ikut terbakar, uang tunai sekitar Rp.11 juta dan perhiasan emas sekitar 17 gram serta  1 ekor ternak babi ikut terbakar dalam insiden tersebut.

Dan hal yang paling menyedihkan atas insiden tersebut seoarang  mayat  atas nama Kembong atau Ne Rante  yang berada  diatas Tongkonan ikut terbakar.Diketahui alhmarhum tersebut meninggal  pada 23 februari 2017  beberpa bulan yang lalu.

 

Adapun Kronologis insiden tersebut menurut keterangan warga  , Sampe (Nek Gilber)50 tahun dan beberapa warga lainnya mengatakan bahwa  api berasal dari dapur kayu yg bertempat tepat diblakang rumah Tongkonan milik Keluarga Nek Tandi kemudian menjalar ke rumah Tongkonan tersebut dan membesar kemudian menjalar ke rumah tongkonan milik Kel. Ne’Garrung dan rumah panggung milik  Pare (Nek Pero) yg berada di sebelah.

 

 

 

Selanjutnya personil polsek Sa’dan Balusu dipimpin langsung oleh Ps.Kanit Res Aiptu Mansyur mendatangi lokasi kejadian dan memasang garis polisi,dan melakukan  koordinasi dengan pemerintah setempat kemudian bersama_sama masyarakat membangun tenda sementara untuk di tinggali korban dan mengevakuasi sisa dari mayat yang terbakar.