Rapid Test, 16 Warga Wondama Klaster Ijtima Gowa Dinyatakan Negatif

WASIOR – Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Teluk Wondama telah melaksanakan rapid test terhadap 15 orang yang tergabung dalam klaster Ijtima Gowa, Selasa (28/4/2020) malam di RSUD Teluk Wondama di Manggurai.

Hasilnya dari 15 sampel yang diambil seluruhnya dinyatakan negatif Covid-19. Satu warga lain yang juga tergabung dalam klaster Ijtima Gowa yang beralamat di Sobei, Distrik Teluk Duairi telah dilakukan rapid test terlebih dahulu dan hasilnyapun negatif.

Bacaan Lainnya

Adapun ke-16 orang yang ikut serta dalam kegiatan Ijtima Ulama sedunia di Gowa, Sulawesi Selatan bulan Maret lalu itu sebelumnya berstatus sebagai orang tanpa gejala (OTG) dan telah menjalani masa karantina mandiri selama 14 hari.

Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Teluk Wondama dr.Yoce Kurniawan mengatakan klaster Ijtima Gowa masih akan menjalani rapid test tahap kedua.

Baca Juga :   Lulus 100 Persen, Siswa SMPN Wasior Didorong Ikut Program ADEM

“Puji Tuhan semuanya negatif. Jadi 10 hari lagi mereka harus tes kembali, kalau dua kali negatif baru dinyatakan aman, “ ujar dr.Yoce yang juga Direktur RSUD Teluk Wondama.

Sesuai pantuan, pelaksanaan rapid test dilakukan oleh tim medis khusus Covid-19 RSUD Teluk Wondama dengan menggunakan alat pelindung diri lengkap. Kegiatan ini juga dikawal oleh petugas gabungan dari Polri dan TNI.

Rencananya rapid test serupa juga akan dilakukan terhadap pelaku perjalanan dari zona merah yang saat ini sedang menjalani masa karantina di Wisma Isolasi Iriati juga bagi para eks ODP (orang dalam pemantuan).

Adapun hingga 29 April, Kabupaten Teluk Wondama masih dalam kategori zona kuning di mana sebanyak 18 ODP dan 16 OTG seluruhnya telah dinyatakan bebas karena telah menjalani masa karantina selama 14 hari. (Nday)

Pos terkait