Puluhan Rumah Warga Di Desa Subaim RT 01/RW 01 Kecamatan Wasile Terendam Banjir

  • Whatsapp

HALTIM,KABARTIMUR -Sebanyak 30 Rumah di desa Subaim RT 01/RW 01 Kecamatan Wasile Kabupaten Halmahera Timur (Haltim) Provinsi Maluku Utara (Malut) terendam banjir Rob yang di akibatkan gelombang dan air pasang yang terjadi Jumat (05/11/2021) sekitar pukul 17.00 wit.

Plt Badan Penangulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Halmahera Timur Darso Gajal yang memerintah langsung Kasi Rehabilitasi Rusdiyanto untuk turun meninjau kejadian tersebut menjelaskan, bahwa menurut informasi banjir rob ini sudah berlangsung 2 hari pada jam tertentu,setiap saat pada waktu bulan baru dalam rentan waktu 3 – 4 hari.

Bacaan Lainnya

“Menurut informasi dari Kades setempat banjir rob sering terjadi memasuki bulan baru dalam rentan waktu 3-4 hari yang di mulai di jam 17.00-20.30 dan itu terdampak di 30 rumah”, ujar Rusdyanto.

Rusdiyanto menyebut, banjir rob dengan ketinggian 80 cm- 1 meter ini sangat parah karena masuk hingga ke rumah warga bahkan salah satu Mushola sekitar ikut terendam juga dan melumpuhkan aktivitas beribadah warga.

Lanjutnya investigasi masih terus di lakukan, “jadi belum tahu berapa banyak kerugian warga dan kerusakan apa saja,itu masih dilihat lagi hari Sabtu apa masih terjadi banjir rob lagi yang jelas tetap ada kerugian tapi belum di totalkan” ujarnya kepada wartawan saat dihubungi via telepon

Sementara itu salah satu warga yang enggan disebut namanya menuturkan banjir rob yang terjadi berulang ini kiranya mendapat perhatian khusus dari pemerintah daerah pasalnya rumah yang terendam sangat banyak. “Ada rumah ibadah kami juga ikut terendam dan setiap Maghrib dan Isya kami tidak dapat beribadah,” Ungkapnya

Dia berharap, pemerintah dapat meninggikan talud untuk menghadang air pasang dan ombak besar agar tidak masuk ke permukiman warga.
(RH-RED)

Pos terkait