Pilkades Serentak di Haltim, BPD Diimbau Segera Bentuk Panitia Tingkat Desa

HALTIM, KABARTIMUR – Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di kabupaten Halmahera Timur (Haltim) Provinsi Maluku Utara (Malut) direncanakan akan digelar pada tanggal 25 November 2021 dan saat ini Panitia Pilkades Kabupaten telah menyurat ke masing masing Badan Permusyawaratan Desa (BPD) di 35 desa agar segera membentuk Panitia tingkat Desa mulai 15 – 16 September 2021.

Ketua Panitia Pilkades Kabupaten Halmahera Timur Hi. Tamrin Bahara, saat ditemui media ini dikantor Bupati Haltim pada Selasa,( 14/09/2021) menyampaikan pemberitahuan kepada masing – masing BPD se- Kabupaten Haltim itu melalui surat Panitia dengan nomor. 150/01/PAN.Kab/Pilkades/HT/ 2021.

Bacaan Lainnya
Baca Juga :   Pemda Haltim Akan Benahi  Potensi Destinasi Wisata

Kata Tamrin, layangan surat pemberitahuan tersebut dilampirkn dengan tahapan Pelaksanaan Pilkades mulai dari pembentukan Panitia tingkat desa hingga pemungutan Suara Pilkades pada 25 November mendatang.

Sementara itu, Asisten III Bupati Halmahera Timur.Hi Tamrin Bahara mengatakan, untuk fasilitas penganggaran pada Pilkades tersebut, anggarannya bersumber dari APBD sebanyak Rp. 400.000.000 disharing dengan Dana Desa Di masing – Desa yang akan melaksanakan Pilkdes.

“Empat Ratus Juta itu yang diplot di APBD ditambah juga dari APBD Perubahan yang saya sendiri juga belum tahu berapa besarnya kemudian disharing dengan DD untuk penggunaan fasilitas dan honorarium Panitia,” jelas Tamrin.

Lanjut dia, selama tahapan pelaksanaan juga dilakukan Tahapan Sosialisasi terkait dengan pelaksanaan Pilkades maupun Peraturan Bupati yang mengatur tentang Pilkades serentak di Haltim.

Tamrin juga memaparkan dari 35 Desa yang akan melaksanakan Pilkades serentak diantaranya, untuk Kecamatan Kota Maba yaitu Desa Soa Sangaji, Desa Soa laipo, Soagimalaha dan Desa Wailukum.
Untuk kecamatan Maba yaitu Desa Buli Asal dan Desa Buli. Dan kecamatan Maba Tengah yaitu Desa Bebsili, Maratana Jaya dan Dorolamo.

Baca Juga :   Bupati Haltim Instruksi Disperindag  Turun  Inspeksi di lapangan Soal BBM

Sementara Kecamatan Maba Utara yaitu Desa Dorosagu, Patlean, Sosolat.
” Untuk Kecamatan Maba Selatan ada tiga desa yaitu Bicoli, Peteley tambah Loleolamo,” katanya.

Sedangkan untuk kecamatan Wasile yaitu desa
Waisuba kemudian Desa Tobo Ino Kecamatan Wasile Timur, Daka Ino, Desa Foli kKecamatan Wasile Tengah dan Desa Lolobata dan puao Kecamatan Wasile Utara yaitu Desa Labi-Labi, Iga, Majiko Tongone, Kecamatan Wasile Selatan diantaranya, Desa Fayaul, Wasile, Saramaake, Waijoi, Nusa Jaya, Tomares, Pintatu Ino Jaya, Loleba dan Nusa Ambo.(RH-RED)

Pos terkait