Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Wakil Bupati Launching Festival Tanaman Hias Pertama

MANOKWARI, Kabartimur.com- Dalam rangka memperingati hari Lingkungan Hidup Sedunia pada tanggal 5 Juni 2022, Dinas Lingkungan Hidup dan pertanahan bersama Komunitas Pecinta Tanaman Hias Papua Barat dan koperasi produsen pengelolah sampah kabupaten Manokwari Gelar jalan santai dan Launching Pelaksanaan Festival Tanaman Hias Pertama yang ditandai dengan pelepasan balon gas.

Kegiatan gerak jalan santai dilepas di depan Polsek kota sementara untuk launching festival Tanaman Hias Pertama di samping Lampu merah Haji Bauw oleh wakil Bupati Manokwari, Drs Edi Budoyo pada Minggu (5/6/2022).

Wakil bupati dalam sambutannya menyampaikan bahwa peringatan hari lingkungan hidup sedunia setiap tanggal 5 Juni sebagai upaya meningkatkan kesadaran global akan kebutuhan untuk mengambil tindakan lingkungan yang positif bagi perlindungan alam dan planet bumi.

Bacaan Lainnya
Baca Juga :   Buka Festival Tanaman Hias l Bupati Manokwari Setujui Jadikan Agenda Festival Tahunan

Hari lingkungan hidup sedunia tahun 2022 mengusung tema “Only One Earth” (Sustainable In Harmony With Nature) dan melalui Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) ditetapkan tema peringatan yaitu Satu Bumi untuk Masa Depan.

Budoyo mengungkapkan bahwa Bumi menghadapi tiga Krisis yaitu,
Pertama; iklim memanas terlalu cepat bagi manusia dan alam.
Kedua ; Hilangnya habitat dan tekanan lainnya yang berarti sekitar 1 juta spesies terancam punah dan ketiga; polusi terus meracuni udara tanah dan air.

Sehingga jalan keluar dari dilema ini diharapkan mengubah ekonomi dan masyarakat kita menjadi inklusif, adil, dan lebih terhubung dengan alam.
“Kita harus beralih dari merusak planet ini menjadi menyembuhkannya” harap Bupati.

Budoyo menyampaikan apresiasi dan terima kasih serta siap mendukung seluruh aktivitas yang dilakukan komunitas tanaman hias Papua barat dan seluruh komponennya dalam rangka menyukseskan pelaksanaan festival l tanaman hias yang akan dilaksanakan pada tanggal 13-18 Juni 2022 yang dipusatkan di kantor ex kantor bupati Manokwari serta diharapkan dapat menjadi agenda tahunan pemerintah kabupaten Manokwari dalam menjaga dan melestarikan lingkungan hidup di Manokwari.

Baca Juga :   Hari Lingkungan Hidup Sedunia, DLHP Manokwari Bersama KPTH-PB Programkan Festival Tanaman Hias

Melalui momentum peringatan hari lingkungan hidup Wakil bupati mengajak semua pihak yang ada diatas tanah Arfak dan bumi cendrawasih sebagai titipan yang wajib dinikmati oleh generasi selanjutnya secara baik.

Melalui inisiatif yang diapresiasi atas apa yang dilakukan oleh komunitas tanaman hias Papua barat saat ini bersama semua komponen yang terlibat, Pemda, pihak swasta dan seluruh warga masyarakat wajib untuk mendukung secara maksimal dengan perhatian dan dukungan sesuai tugas dan perannya.

“Semoga pelaksanaan festival ini dapat berjalan lancar dan sukses serta bermanfaat untuk seluruh warga masyarakat Manokwari.Selamat memperingati hari lingkungan Hidup Sedunia” pungkas Budoyo mengakhirinya sambutannya.

Turut hadir dalam gerak jalan santai dan Launching Festival tanam hias l , Kepala dinas lingkungan hidup dan pertanahan kabupaten Manokwari, Kafasharkan Al, Dandim , Polres, Komunitas pecinta Tanaman Hias Papua Barat. (Red/Vera)

Pos terkait