Peresmian Kantor MUI PB, Representasi Toleransi Antar Umat Beragama Tertinggi Se-Indonesia

  • Whatsapp

MANOKWARI– Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan bersama Wakil Mentri Agama Republik Indonesia yang juga merupakan wakil Majelis Ulama Indonesia Zainul Tauhid Sa’adi meresmikan Kantor Majelis Ulama Indonesia (MUI) Propinsi Papua Barat yang berada di jalan Drs. Esau Sesa, Sowi Gunung Manokwari papua Barat Jumat 21 Agustus 2020.

Peresmian kantor MUI ini ditandai dengan Penekanan Tombol Sirine, penndatanganan prasasti dan penyerahan berita acara, pengguntigan Pita sebagai tanda dibukanya Pintu Kantor MUI dan dilanjutkan dengan peninjuan kantor MUI PB serta penyerahan asset sebagai Hibah dari Pemprov Papua Barat ke Pengurus MUI Provinsi papua Barat.

Bacaan Lainnya

Selain itu Kantor MUI ini menjadi salah satu presentasi dari keberagaman dan tingginya tingkat Toleransi antara Umat beragama sebagai Provinsi dengan tingkat Toleransi tertinggi di Indonesia dengan meraih nilai 82,29.

Ini juga dibuktikan dengan adanya ketua panitia pembangunan Kantor MUI Propinsi Papua Barat adalah Kepala Biro Mental Spiritual dan Kesejahteraan Rakyat setda Provinsi Papua Barat, Hermus Indou yang merupakan Non Muslim berasal dari agama Kristen.

Plt Bupati manokwari, Edi Budoyo yang juga hadir dalam peresmian tersebut mengatakan bahwa ini sangat disyukuri oleh Masyrakat Papua barat bukan hanya di Manokwari tapi seluruh Masyrakat papua Barat.

“Ini tercapai karena memang di Papua Barat ada kearifan lokal yang sudah menjadi tradisi turun temurun di Papua Barat khususnya dengan adanya tradisi yang disebut Satu Tungku Tiga Batu itu.” Ujar Edi Budoyo.

“Artinya bahwa dalam satu keluarga ada yang beragama Islam, ada Katolik dan Protestan, dan ini sudah menyebar sampi keseluruh pelosok Kabupaten yang di Papua Barat.” Ujarnya.

Lebih lanjut Edi Budoyo mengatakan bahwa hal ini menjadi kebanggaan dan kebahagiaan kita dimana Pak gubernur dan Staffnya pak Hermus Indou adalah Nasrani tapi mau membangun Kantor MUI ini dengan anggaran dari APBD Provinsi Papua Barat. (KT2)

Pos terkait