Pemda Manokwari Akan Bongkar Pasar Sanggeng

MANOKWARI, kabartimur.com- Dalam waktu dekat pemerintah kabupaten Manokwari akan melakukan pembongkaran Pasar Sanggeng dan pedagang akan direlokasi.

Hal tersebut disampaikan oleh kepala dinas Perindakop kabupaten Manokwari, Yan Ayomi saat melakukan Audiens Bersama Pengurus Asosiasi Pedagang Pasar Sanggeng dan Perwakilan Pedagang di ruang Sasana Karya Kantor Bupati Manokwari, Rabu (15/2/2023).

Bacaan Lainnya

Rapat tersebut dipimpin langsung oleh bupati Manokwari, Hermus Indou didampingi oleh asisten I, Wanto.

Melalui audiens bersama, Ayomi menekankan bahwa rencana pemkab Manokwari untuk membangun Pasar Modern di Sanggeng akan dilaksanakan segera mungkin sehingga para pedagang diminta untuk bekerjasama dalam mendukung program pemerintah dan per tanggal 1 Maret mendatang Pasar Sanggeng akan dibongkar.

Baca Juga :   Pengurus Ikatan Keluarga Toraja Periode 2022-2027 Dikukuhkan

Ayomi mengungkapkan bahwa pemerintah pusat mendukung penuh pembangunan pasar Sanggeng dan dalam waktu dekat akan melakukan pertemuan rapat teknis di Bali terkait pembangunan Pasar dan pemda Manokwari harus memastikan lahan pembangunan tidak bermasalah.

Pihaknya berharap para Asosiasi pedagang yang aktif melakukan aktivitas di Pasar Sanggeng untuk mendukung penuh program pemerintah yang nantinya pembangunan tersebut akan berdampak kepada semua warga Manokwari.

Ayomi menjelaskan bahwa untuk relokasi pedagang pemerintah Kabupaten Manokwari membangun pasar sementara di jalan Percetakan yang nantinya akan ditempati oleh pedagang dan sebanyak 157 ruang kios dibangun.

Selain itu, berdasarkan hasil rapat sebelumnya, Ayomi menegaskan bahwa tanggal 26 Februari akan dilakukan peresmian pasar sementara dan tanggal 1 maret pasar Sanggeng dibongkar.

“Pemilik toko dan bangunan dimohon kerjasamanya karena tim appraisal independen akan menilai luasan tanah dan juga bangunan yang ada.Semua akan dinilai dan harga akan dimusyawarahkan dengan pemilik untuk selanjutnya diserahkan ke pemda untuk tahapan ganti rugi sesuai dengan perda yang ada” Terang Ayomi.

Baca Juga :   PENGUMUMAN STUDI AMDAL RENCANA KEGIATAN PEMBANGUNAN DAN OPERASIONAL PASAR SANGGENG di Kelurahan Sanggeng, Kecamatan Manokwari Barat, Kabupaten Manokwari

Pihaknya berharap rencana penataan pasar sanggeng akan berjalan dengan baik.

Sebagai informasi bahwa perkembangan pasar Sanggeng saat ini telah dalam proses dilelang dengan nilai 180 Milyar dengan desaign pasar Modern.(Red/*)

Pos terkait