Mubes Pertama Keluarga Besar Wamesa Langkah Maju Menuju Lahirnya Kabupaten Kuri Wamesa

WASIOR – Bupati Teluk Wondama Hendrik Mambor, Jumat, 24 Maret 2023 di Wasior membuka Musyawarah Besar Ikatan Keluarga Besar Wamesa (Mubes – IKBW).

Bupati menilai Mubes IKBW yang baru pertama kali diadakan itu menjadi langkah menuju terbentuknya Kabupaten Kuri Wamesa yang telah lama dicita-citakan masyarakat adat Suku Besar Wamesa.

Untuk diketahui, Kabupaten Kuri Wamesa yang merupakan pemekaran dari Kabupaten Teluk Wondama termasuk dalam 9 nama calon daerah otonom baru (DOB) di Provinsi Papua Barat yang telah diajukan ke Komisi II DPR RI beberapa hari lalu.

“Cita-cita ini amanah yang sudah berjalan cukup panjang. Dan kita bersyukur ternyata tunda-tunda, acara ini tertunda, karena memang Tuhan atur pas. Setelah penetapan, masuk dalam daftar di DPR RI baru kita Mubes, “kata Mambor dalam sambutannya.

Baca Juga :   16 Tahun Menunggu, Pemkab Wondama Akhirnya Raih Opini WTP

Bupati juga berharap Mubes-IKBW bisa melahirkan ide dan gagasan yang positif untuk kepentingan pembangunan di Kabupaten Teluk Wondama juga dalam mempersiapkan lahirnya Kabupaten Kuri Wamesa nantinya.

“Juga kiranya Ikatan Keluarga Besar Wamesa menjadi wadah untuk mengangkat harkat, martabat tetapi juga budaya dan nilai-nilai yang ada di lingkup keluarga besar Wamesa, sehingga yang tadinya mungkin agak hilang kita kembalikan. Yang belum muncul kita angkat, “lanjut orang nomor satu Wondama.

Sebelumnya, Kepala Suku Besar Kuri Wamesa-Soug Sefnat Kurube juga berharap Mubes IKBW menjadi momentum merumuskan gagasan-gagasan besar untuk keberlanjutan pembangunan di Teluk Wondama maupun di wilayah suku besar Wamesa sendiri.

“Sehingga anak-anak Wamesa bisa tampil sebagai pelaku-pelaku pembangunan di daerah ini dengan menjunjung nilai-nilai kearifan lokal, “pesan Kurube.

Mubes IKBW melibatkan perwakilan masyarakat, anggota DPRD dari wilayah Wamesa, kepala kampung dan kepala distrik dari 6 kecamatan/distrik di Kabupaten Teluk Wondama.

Baca Juga :   Tiba di Manokwari, Juniman Hutagaol Siap Bertugas Sebagai Kajati Papua Barat

Yaitu Distrik Windesi, Nikiwar, Wamesa, Soug Wepu, Rumberpon dan Roswar.

Mubes  berlangsung 2 hari dengan mengusung tema ‘Tambe Siri We Tapaya So Tambaune Uta Nei, yang berarti Bersatu menjadi Kekuatan dalam Membangun Kabupaten Teluk Wondama.

“Agenda Mubes adalah menetapkan AD/ART IKBW serta program kerja organisasi juga memilih dan menetapkan badan pengurus IKBW, “jelas ketua panitia Janes Moses Golongi.

Ikut hadir dalam acara pembukaan, Dandim 1811 Peradaban/Teluk Wondama Letkol Inf Saheri, Wakil Bupati Andarias Kayukatuy bersama Ketua Dewan Adat Papua Daerah Wondama Adrian Worengga.

Turut serta Anggota Badan Pekerja Sinode Wilayah XII GKI di Tanah Papua, Ketua MUI Teluk Wondama H.Abudin Ohoimas juga para Pimpinan OPD serta para Ketua Paguyuban Daerah. (Nday)

 

Pos terkait