Menuju Kampung Digital, Kampung Tandia Buat Pelatihan Komputer bagi Aparat Kampung

  • Whatsapp

WASIOR – Pemerintah
Kampung di Kabupaten Teluk Wondama terus berbenah agar bisa memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat.

Di kampung Tandia Distrik Rasiei, pemerintah kampung setempat melaksanakan pelatihan komputer bagi aparat dan pemuda kampung dengan memanfaatkan dana desa tahun 2020.

Pemerintah kampung Tandia menggandeng lembaga PKBM (Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat) Enewam Sainuy untuk mengajarkan teknik dasar mengoperasikan komputer bagi aparat juga para pemuda desa.

Kegiatan pelatihan komputer yang dijadwalkan berlangsung 14 hari dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kampung (PMK) Hendrik Rico Tetelepta, Jumat (16/10/2020).

“Pelatihan komputer ini bertujuan untuk meningkatkan SDM aparat kampung Tandia juga para pemuda kampung sehingga mereka bisa menguasai teknologi informasi. Dan untuk aparat kampung, pelatihan ini dilakukan untuk menuju kampung digital yang akan dimulai pada 2021,” kata Kepala Kampung Tandia Tonci Webori.

Kepala Dinas PMK Hendrik Tetelepta menyatakan, SDM yang unggul dan berkualitas menjadi kata kunci dalam memerangi kebodohan dan kemiskinan. Karena itu, pihaknya mendukung penuh pelatihan komputer yang dilaksanakan Pemerintah Kampung Tandia dalam rangka peningkatan SDM aparatur kampung juga para pemuda setempat.

“Kita di Papua ini ada dua hal yang harus diperangi untuk bisa merdeka. Yaitu merdeka dari kemiskinan dan merdeka dari kebodohan. Dan itu sudah direspon pemerintah melalui dana desa. Sekarang bagaimana kita sendiri memanfaatkan dana desa ini untuk pemberdayaan ekonomi dan pembangunan di kampung termasuk untuk peningkatan SDM sehingga bisa menjawab kemiskinan dan kebodohan itu, “kata Tetelepta.

“Selama ini kita sudah banyak buat infrastruktur dengan dana desa dan sudah saatnya sekarang kita fokus pada peningkatan SDM. Jadi ini saatnya, kita tidak bisa menunggu lagi. Kita semua harus sayang kampung, “ pesan mantan Kepala Dinas Pendidikan Teluk Wondama ini.

Kepala PKBM Enewam Sainuy Frengki Semboari menyampaikan terima kasih atas kepercayaan pemerintah kampung Tandia. Pihaknya berkomitmen untuk terus berkontribusi bagi kemajuan Teluk Wondama melalui penyiapan SDM khususnya bagi orang asli Papua.

“Kami berterima kasih atas kepercayaan yang diberikan. Harapan kami, dari pelatihan ini nantinya ilmu yang didapat bisa tepat sasaran dan tepat guna, dalam arti tidak hanya berguna untuk pemerintah kampung tetapi juga bisa untuk kepentingan pelayanan di gereja dan organisasi kemasyarakatan, “ ujar Frengki.

Selain Kepala Dinas PMK, pembukaan pelatihan komputer juga dihadiri Kasat Binmas Ipda Sutarto yang mewakili Kapolres Teluk Wondama .
Dalam kesempatan itu, PKBM Enewam Sainuy menyerahkan bantuan 6 unit laptop dan 2 unit PC kepada pemerintah kampung Tandia. (Nday)

Pos terkait