Luar Biasa Pasien Umur 77 Tahun dari Mansel Sembuh dari Virus Corona 

  • Whatsapp

MANOKWARI- Seorang pasien bernama H Ruslan (77) tahun warga Oransbari Manokwari Selatan dinyatakan sembuh dari virus corona setelah menjalani perawatan di RSUD Manokwari selama 1 bulan 16 hari dan dipulangkan kepada keluarganya.

Prosesi Pemulangan pasien covid19 tersebut dilaksanakan di ruang Loby kantor RSUD Manokwari jl Bhayangkara no 1 Manokwari rabu (20/5/2020) yang ditandai dengan pemberian karangan bunga , cindra mata dan penyerahan surat keterangan sembuh oleh plt Bupati Manokwari Drs Edi Budoyo.

Ketua satgas BLUD  RSU Manokwari, dr. Lusi Natalia Hendrik dalam laporannya menyamapaikan bahwa Ruslan yang dirawat di RSUD Manokwari telah menjalani perawatan dan pulih setelah dilakukan hasil swab dan hasilnya negatif. 

Lusi menyebutkan bahwa H Ruslan masuk ke RSUD sejak tanggal 4 april 2020 yang dirujuk dari puskesmas Oransbari dengan diagnosa awal Stroke disertai dengan  demam dan sesak nafas.Setelah dilakukan pemeriksaan Pihak RSUD Manokwari menyarankan  untuk dirawat di ruang isolasi.

Pada tanggal 5 april pihak RSUD  melakukan pemeriksaan rapid tes dan hasilnya positif selanjutnya  dilakukan pemeriksaan  scan kepala dan torak dan pemeriksaan secara swab dan hasil yang keluar pasien dinyatakan  mengalami Stroke.

Selanjutnya dilakukan pemeriksaan lanjutan pada tanggal 15 april 2020 dan tanggal  23 april 2020 hasil  swab yang diterima dari Makassar  menyatakan pasien dinyatakan positif virus Corona.

Dijelaskan Lusi bahwa pasien dalam masa perawatan menunjukkan perkembangan perbaikan dari hari ke hari sehingga kembali pihak RSUD melakukan pemeriksaan ulang pada tanggal 6 dan 7 mei 2020 dan hasilnya keluar pada tanggal  14 mei 2020 negatif dan pasien dinyatakan sembuh, sedangkan untuk penyakit Strokenya akan direhabilitasi dengan pengobatan rawat jalan.

Sementara itu pasien Ruslan mengaku selama menjalani perawatan dirinya diperlakukan sangat baik oleh tim medis sehingga bisa pulih dan kembali berkumpul bersama keluarga.
Ia berterimah kasih kepada seluruh tim medis dan satgas  yang telah bekerja keras  untuk kesembuhannya.

Hal senada disampaikan Plt Bupati Manokwari,Drs Edi Budoyo dalam penyampaiannya mengatakan bahwa kesembuhan pasien merupakan keberhasilan yang luar biasa dan kerjasama yang baik dari seluruh  tenaga kesehatan yang tergabung dalam satgas RSU Manokwari.

Dikatakan Budoyo bahwa dengan keterbatasan tenaga medis dan peralatan kesehatan namun berhasil  menangani pasien sembuh dari covid 19 juga  berkat ketekunan tenaga kesehatan dan juga tekad yang kuat dari pasien sendiri.

Ditambahkan Budoyo bahwa setiap pasien butuh pertolongan dan perhatian dan jangan sampai warga panik yang akan berujung pada kesalahpahaman warga dan berdampak pada hal-hal yang tidak diinginkan seperti terjadinya pemalangan dan penolakan.

“Atas nama pemerintah kabupaten Manokwari  menyampaikan apresiasi  dan terimah kasih kepada  tim medis BLUD  RSU Manokwari  yang telah memberikan pelayanan  dan penanganan medis terbaik  sehingga pasien  dinyatakan negatif covid19″ujar Budoyo. 

Juga kepada tim gugus  tugas covid19 kabupaten manokwari yang telah berkomitmen  bersama dalam  penanganan covid 19 di kabupaten manokwari dengan harapan  semoga kedepan  tidak ada lagi pasien yang dirawat di BLUD RSU Manokwari.

Budoyo berpesan kepada masyarakat  supaya menjaga  diri  dan keluarga  serta mengikuti  berbagai himbauan  dan arahan  yang dikeluarkan  pemerintah demi keselamatan  bersama , keluarga,  dan seluruh masyarakat manokwari  dan sekitarnya.

Pihaknya meminta masyarakat  untuk tidak mengucilkann warga yang dinyatakan  sembuh  dan kembali  kepada keluarga  dan lingkungan dimanapun berada.

“Yang harus kita pahami  bersama yaitu mari  kita melawan  virus corona  bukan menjauhi  penderitanya atau pasien  yang terpapar  covid19  dan tidak menjadi panik  tetapi dengan mencuci  tangan  dengan sabun  menggunakan masker selama beraktifitas dan menjaga jarak  satu dengan yang lainnya”harap Budoyo.(*R)

Pos terkait