Kendalikan Inflasi, Bupati Manokwari Menghadiri Rakornas Kepala Daerah dan Forkopimda Se-Indonesia

JAKARTA- Kabartimur.com- Bupati Manokwari, Hermus Indou menghadiri kegiatan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Kepala Daerah dan Forkopimda Se-Indonesia Tahun 2023 di Sentul Internasional Convention Center, Selasa (17/1/2023).

Rakornas yang digelar Kementerian Dalam Negeri, mengusung tema “Penguatan Pertumbuhan Ekonomi dan Pengendalian Inflasi”, dibuka langsung oleh Presiden RI, Joko Widodo.

Presiden Jokowi memberikan arahan kepada seluruh kepala daerah dan anggota Forkopimda mengenai kebijakan pemerintah pusat dalam memperkuat pertumbuhan ekonomi dan pengendalian inflasi.Rakornas yang dihadiri oleh 4.545 peserta terdiri dari 1248 dari pemerintah pusat dan 3297dari pemerintah daerah yang terbagi dalam empat panel.

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) RI, Muhammad Tito Karnavian dalam laporannya menyampaikan, Kementerian Dalam Negeri bersama kementerian dan lembaga terkait telah melakukan berbagai langkah, yakni rapat koordinasi rutin setiap minggunya. Rapat koordinasi dilakukan sebagai upaya menentukan langkah dalam menangani inflasi di setiap daerah seluruh Indonesia yang dilakukan sejak Oktober 2022 lalu.

Baca Juga :   Kejati Papua Barat Anjangsana ke SPGJ-SMTK Lahairoi Manokwari

Tito menuturkan, Berkat arahan Presiden serta kolaborasi instansi pusat dan pemerintah daerah dilaporkan bahwa pertumbuhan ekonomi secara nasional terus menunjukkan angka positif yang berdasarkan laporan BPS kuartal ketiga tahun 2022 mencapai angka 5,72 persen.

“Tingkat inflasi juga terkendali dengan baik. Data BPS September 2022 5,95%, Oktober 5,71% dan pada November turun sebesar 5,42%,” katanya.

Kendati demikian, kata Tito terjadi kenaikan angka inflasi di bulan Desember 2022. Kenaikan tersebut disinyalir karena perayaan Hari Raya Natal dan Tahun Baru 2023.

“Terakhir bulan Desember terjadi kenaikan sedikit 5,51% karena adanya pola diman yang bersifat musiman karena adanya Hari Raya Natal dan perayaan tahun baru,” tambahnya.

Sebagai informasi, dari wilayah Papua dan Papua Barat, tampak hadir Penjabat Gubernur Papua Barat, Penjabat Gubernur Papua Barat Daya, Penjabat Walikota Sorong, Bupati Manokwari, Penjabat Bupati Kabupaten Sorong, Penjabat Bupati Kabupaten Maybrat dan Sekda Kabupaten Pegunungan Arfak.(Red/*)

Pos terkait