Jems Oktavianus Tegai Bertekad Tekan Angka Lakalantas di Manokwari

  • Whatsapp

Manokwari- Kecelakaan lalu lintas yang kerap kali terjadi tentunya membutuhkan eksperimen dalam mengkaji bentuk pencegahaannya.

Mendapat kepercayaan sebagai Kasat Lantas Polres Manokwari yang baru, AKP Jems Oktavianus Tegai mempunyai beberapa program yang diharapkan dapat menekan angka kecelakaan di jalan raya.

Kepada wartawan di ruang kerjanya (11/7/2019, AKP Jems menuturkan beberapa program yang akan dilakukan guna menekan angka lakalantas di Manokwari.

Hal pertama yang akan dilakukannya adalah mempelajari penyebab terjadinya kecelakaan serta pengaruh lainnya. Oleh sebab itu dirinya akan menerapkan langkah pembinaan yang optimal kepada seluruh lapisan masyarakat terkait kesadaran tertib dalam berlalu lintas.

“Jika penyebab kecelakaan oleh invidividu, maka kita harus gencar melakukan sosialisasi pentingnya tertib berlalu lintas. Kalau faktor konstruksi jalan, kami akan melakukan koordinasi dengan pihak terkait dalam rangka perbaikan sesuai prosedur dan kewenangan,” jelas Kasat Lantas.

Dirinya menambahkan, beberapa waktu belakangan ini pihaknya secara rutin mengunjungi beberapa komunitas, asosiasi ojek, maupun pengendara mobil rental untuk memberikan sosialisasi. Proses sosialisasi ditanggapi baik oleh para pengendara yang kesehariannya beraktifitas di jalanan Manokwari.

“Saya orangnya santai tidak perlu bersifat protokoler. Saat mengunjungi kami sambil ngopi dan memberikan arahan sehingga dinilai dapat mudah dipahami,” kata Kasat Lantas.

Menurut Kasat Lantas, jal terpenting dalam menciptakan rasa aman bagi orang lain berawal dari diri sendiri, dengan cara sadar dan taat terhadap aturan berlalu lintas. Apabila komitmen bersama telah terbentuk, kedepan sekiranya Manokwari akan menjadi salah satu ikon tertibnya berlalu lintas.

“Saya tidak akan bosan-bosan untuk memberikan sosialisasi dan pengertian kepada masyarakat, karena untuk menggugah kesadaran tidak dapat dilakukan sekali saja” tutup Kasat Lantas. (sgf)

Pos terkait