Isolasi Mandiri Terpusat di BLK Maimari Masih Terkendala, Kadistrik Wasior Minta Satgas Turun Tangan

  • Whatsapp

WASIOR – Keinginan Pemkab Teluk Wondama membuka tempat isolasi mandiri terpusat bagi warga terpapar Covid-19 belum bisa terealisasi.

Pasalnya, gedung Balai Latihan Kerja (BLK) yang berlokasi di Kampung Maimari, Distrik Wasior yang direncanakan sebagai tempat isolasi mandiri terpusat ternyata masih belum siap.

Selain karena fasilitas pendukung seperti air dan listrik yang belum ada, masih ada warga yang tinggal di kompleks BLK Maimari.

Kepala Distrik Wasior Anthonius Alex Marani melaporkan, terdapat 3 kepala keluarga yang saat ini tinggal di tinggal di kompleks BLK.

“Setelah kami cek masih banyak kekurangan seperti jaringan air dan listrik belum ada. Kami sampaikan juga bahwa ada tiga keluarga yang masih berdomisili di situ sehingga mereka juga keberatan saat kami sampaikan rencana itu,”ungkap Alex dalam rapat koordinasi penyelenggaraan pemerintahan tingkat kabupaten, distrik dan kampung yang digelar secara virtual, Kamis (29/7/2021).

Alex menyarankan tim Satgas Covid-19 tingkat kabupaten bersama dengan Dinas Kesehatan agar turun lapangan melakukan sosialisasi terlebih dahulu kepada warga yang masih tinggal di kompleks BLK termasuk masyarakat sekitar.

“Supaya masyarakat di tempat itu bisa memahami dan tidak kuatir dengan adanya pasien Covid yang nanti tinggal di situ, “lanjut Alex.

Sebelumnya, Bupati Teluk Wondama Hendrik Mambor selaku Ketua Satgas Covid-19 dalam rapat Satgas menyambut baik rencana pembukaan tempat isolasi mandiri terpusat di distrik Wasior.

Bupati menyatakan tempat isolasi mandiri terpusat diperlukan untuk memudahkan pengawasan sekaligus perawatan bagi pasien corona dengan kategori tanpa gejala maupun gejala ringan.

Mambor meminta Satgas Covid dan Dinas Kesehatan agar membantu melengkapi fasilitas penunjang yang dibutuhkan.

“Saya mengapresiasi langkah yang diambil Distrik Wasior yang akan membuka tempat isolasi mandiri terpusat. Saya dapat laporan, Dinas Kesehatan siapkan tempat tidur dan RSUD siapkan Kasur. Dan untuk fasilitas seperti air dan listrik yang belum ada, saya juga harap dari Satgas bisa menyiapkan, “ujar bupati.

Kepala Dinas Kesehatan dr Habel Pandelaki sebelumnya juga menyampaikan perlunya disiapkan tempat isolasi mandiri terpusat terutama untuk wilayah yang memiliki tingkat infeksi Covid-19 tinggi seperti distrik Wasior.

“Kami menyarankan tempat isoman terpusat kalau boleh selain di Wasior tetapi perlu ada lagi di Rasiei (distrik Rasiei) untuk saudara-saudara kita yang ada di wilayah selatan,” kata Habel. (Nday)

Pos terkait