Ini Bedanya Gelaran Pojok Kuliner di Publik Plaza Mall Ratu Indah

  • Whatsapp

Makassar -Kabartimur– Ada yang berbeda dalam gelaran Pojok Kuliner yang ke-5 kalinya di Public Plaza Mall Ratu Indah, Sabtu-Minggu (11-12/18). Ajang besutan Celebes Cooking and Baking Community (CCBC) kali ini, selain menampilkan beragam kuliner khas Sulawesi Selatan oleh member CCBC, juga diramaikan dengan talkshow “Program Kemitraan Bersama Pertamina”. Talkshow ini mengajak para wirausaha kecil dan menengah untuk mengembangkan usahanya dengan kemitraan bersama Pertamina.

Unit Manager Communication & CSR Pertamina MOR VII, Roby Hervindo, yang menjadi salah satu narasumber dalam talkshow, menjelaskan tentang peluang mengembangkan usaha UKM. “Program Kemitraan Pertamina memberi kesempatan pada pengusaha UKM untuk mengembangkan usahanya melalui permodalan bergulir. Berbeda dengan lembaga keuangan yang menerapkan bunga pinjaman sekitar 5-6%, di Pertamina modal bergulir hanya dikenakan biaya administrasi 3%. Tentunya ini sangat meringankan bagi pengusaha UKM,” jelas Roby.

Novri, pengusaha UKM kuliner pempek yang juga mitra binaan Pertamina menambahkan, dirinya sudah menjadi mitra binaan Pertamina sejak 2015. “Banyak keuntungan yang saya dapatkan, diantaranya tidak sekedar bantuan pinjaman modal, namun kami juga dibantu dalam promosi. Seperti mengikuti pameran-pameran baik di Makassar maupun sampai ke Jakarta,” ujarnya.

Pada ajang Pojok Kuliner kali ini, digelar juga sejumlah kegiatan lain. Diantaranya lomba mendekor kue, dekorasi tumpeng mini tema kemerdekaan, mewarnai dan fashion show tingkat SD. Terdapat 18 penjual kuliner UKM dan 72 member CCBC menjajakan ragam kuliner lokal Makassar, ragam minuman maupun jajan pasar lainnya yang menggugah selera dengan harga yang cukup bersahabat. Sehingga bisa memuaskan dahaga para pecinta kuliner. “Harga kaki lima, rasa bintang lima,” ujar Takdir, salah seorang pengunjung.

Adapun mitra binaan Pertamina turut ‘buka lapak’ meramaikan gelaran ini, diantaranya CV Kasih dan Sayang (olahan coklat makale), Pempek Alsya (olahan pempek Palembang) dan UD Mega Buana (olahan sirup markisa).

CCBC yang dibentuk pada April 2014, awalnya hanya sebagai wadah promosi dan pengenalan produk produk kuliner. Mereka kemudian mengadakan kegiatan Pojok Kuliner, dengan tujuan untuk menyatukan antara pengusaha dan penikmat kuliner, yang biasanya dijual secara daring. Dua minggu sebelum digelar, para member sudah meramaikannya di sosial media dengan mengenalkan menu-menu andalannya agar saat acara digelar bisa laris manis. Terbukti Novri, yang kuliner pempeknya habis diserbu pengunjung di hari pertama.

“Event tahunan yang rutin digelar ini diharapkan dapat lebih dikenal luas oleh masyarakat pecinta kuliner dan dapat mendorong enterpreneurship di bidang kuliner” tutup Roby pada acara talkshow with Pertamina.***

Pos terkait