Gerindra Teratas, Ini 9 Caleg Dapil III yang Hampir Pasti Dapat Kursi DPR Teluk Wondama

WASIOR, Kabartimur.com – Panitia Pemilihan Distrik (PPD) Wasior, Kabupaten Teluk Wondama telah menyelesaikan rekapitulasi perhitungan suara Pemilu 2024 untuk wilayah Distrik Wasior pada Senin dini hari (26/2/2024).

Berdasarkan rekapitulasi perolehan suara dari 54 TPS di Distrik Wasior yang merupakan daerah pemilihan (dapil) Teluk Wondama III, terdapat delapan partai yang berhasil meloloskan calon legislatifnya untuk menduduki kursi DPR Kabupaten Teluk Wondama periode 2024-2029.

Partai Gerindra tampil sebagai pendulang suara terbanyak dengan raihan 1.390 suara. Parpol yang dipimpin Bupati Teluk Wondama Hendrik Mambor itu hampir pasti mendapatkan dua kursi DPR Teluk Wondama dari dapil III.

Partai Amanat Nasional (PAN) menyusul di peringkat kedua dengan perolehan 1.003 suara disusul PKS dengan raihan972 suara di posisi ketiga.

Peringkat keempat menjadi milik Partai Nasdem dengan 795 suara diikuti Partai Golkar peringkat kelima dengan 779 suara dan PKB di peringkat keenam dengan 623 suara.

Baca Juga :   DCT Anggota DPRD Kabupaten Tana Toraja dari Partai Hanura

Selanjutnya PPP di peringkat ketujuh dengan 544 suara dan PDIP menempati posisi kedelapan dengan raihan 509 suara. Adapun jatah kursi DPR Kabupaten Teluk Wondama untuk dapil III sebanyak sembilan kursi.

Berikut daftar caleg yang meraih suara terbanyak sehingga hampir dipastikan akan duduk sebagai anggota DPR Kabupaten Teluk Wondama periode 2024-2029.

Mereka adalah : 1)Sarah Silambi dari Partai Gerindra dengan 436 suara. 2)Soleman JP. Karubui dari PAN dengan 201 suara.

Kemudian 3)Mahadin dari PKS dengan 362 suara, 4)Harun Salu dari NasDem dengan 315 suara dan 5)Yuliana Manupapami dari Partai Golkar dengan 222 suara.

Selanjutnya 6)Rusman Latief dari PKB dengan 207 suara, 7)Andjas Nasrullah dari PDIP dengan 235 suara dan 8)Asrawati dari PPP dengan 153 suara serta 9)Matias Patongloan dari Partai Gerindra dengan 345 suara.

Baca Juga :   Usai Konsolidasi 13 DPC Partai Garuda Papua Barat Siap Verifikasi Faktual KPU

Khusus untuk Partai Golkar, persaingan memperebutkan kursi DPRD berlangsung super ketat. Hal ini terpantau dari perbedaan suara yang sangat tipis antara Yuliana Manupapami dengan caleg petahana Laode Fiylu yang hanya terpaut satu suara saja.

Pada perhitungan akhir Yulinana mendapatkan 222 suara sementara Fiylu mengumpulkan 221 suara.

Rapat Pleno Rekapitulasi Perhitungan Suara tingkat Distrik Wasior yang dipimpin Richard Mayor selaku ketua menetapkan suara sah sebanyak 8.339 suara dan suara tidak sah 296 suara. Sementara jumlah pemilih dalam DPT sebanyak 12.748 pemilih.

“Dengan demikian rekapitulasi perolehan suara dalam formulir D-hasil untuk Pemilihan Anggota DPRD Kabupaten Teluk Wondama daerah pemilihan III dinyatakan sah dan dapat ditetapkan, “ucap Richard.

Sebagai informasi, Pemilu 2024 di wilayah Distrik Wasior sempat diwarnai dengan pelaksanaan pemungutan suara ulang pada dua TPS yakni TPS 002 Rado dan TPS 005 Wasior II.

Baca Juga :   Penerima Bansos Covid-19 Berdasarkan Pekerjaan di KTP, DPRD Wondama : Aneh dan Diskriminatif

Adapun rekapitulasi perolehan suara Pemilu 2024 tingkat kabupaten Teluk Wondama termasuk penetapan calon anggota DPRD terpilih oleh KPUD dijadwalkan berlangsung pada 28 Februari nanti. (Nday)

 

Pos terkait