Bupati Haltim Buka MTQ Tingkat Kabupaten Haltim ke-11 Tahun 2024

HALTIM,Kabartimur.Com – Bupati Halmahera Timur (Haltim)Provinsi Maluku Utara (Malut) Drs Ubaid Yakub MPA membuka secara resmi Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Tingkat Kabupaten Halmahera Timur ke-11 tahun 2024.

Pembukaan MTQ Tingkat Kabupaten Halmahera Timur ke-11 berlangsung di lapangan Madalamo Desa Wayamli dan Yawanli Kecamatan Maba Tengah ditandai dengan pemukulan beduk oleh Bupati Ubaid Yakub didampingi Wakil Bupati Anjas Taher, Ketua LPTQ Haltim Ricky Ch Richfat, Kepela Kemenag Haltim Hi.Ismail beserta Kapolres Haltim AKBP Setyo Agus Herwan, Minggu (25/02/2024) malam tadi.

Bupati Ubaid dalam sambutan mengucapkan, apresiasi kepada seluruh pihak yang telah mendukung sehingga acara pembukaan MTQ tingkat Kabupaten Halmahera Timur ke-11 pada malam ini dapat diselenggarakan dengan begitu megah.
“saya waktu masuk ke acara ini dan melihat begitu kagum dan terpesona dengan persiapan yang megah. Ini menandakan bahwa, Panitia yang dibentuk oleh Bupati tidak akan semegah malam ini kalau tanpa dukungan dari seluruh masyarakat Maba Tengah khusunya masyarakat Desa Yawanli dan Wayamli,” ucap Ubaid.

Bacaan Lainnya
Baca Juga :   Sebanyak 47 Regu Ikut Ramaikan Lomba Kreasi Line Dance Cha Cha

Ubaid mengatakan, bagi dirinya ini merupakan iklim dan dinamika yang sangat baik dalam rangka memacu Pembangunan di Halmahera Timur.

“Tanpa itu semua maka kita di Halmahera Timur tidak akan mampu bersaing dengan Kabupaten dan Kota di Provinsi Maluku Utara,” katanya.

Lanjut Ubaid, dengan momentum MTQ ini kita memulai dengan pembukaan sampai empat hari kedepan pelaksanaannya maka harus di sadari bahwa MTQ ini bukan hanya semata-mata untuk mencari bibit-bibit atau utusan Haltim pada MTQ tingkat Provinsi muapun Nasional.

“Tapi harus kita lihat dibalik pelaksanaan MTQ ini yang harus dievaluasi adalah pengembangan dan Pendidikan keagamaan di suatu daerah itu berjalan dengan baik atau tidak,” ujarnya.

Untuk itu, Ubaid juga mengajak Kepala Kemenag Haltim agar mengevaluasi lembaga keagamaan di kecamatan-kecamatan sehingga diberikan penguatan dalam rangka meningkatan pengetahuan AlQuran.

Baca Juga :   Bupati Haltim Melantik 7 Pejabat Eselon ll Dan 24 Pejabat Eselon lll Dan lV

“Saya juga mengajak para guru disemua jenjang serta para orang tua di Halmahera Timur agar kita semua hidupkan pendidikan AlQuran di lingkungan keluarga masing-masing dalam rangka mempersiapkan generasi AlQuran dan menjadi harapan kita semua,” harap Ubaid.

Ubaid berharap pada momentum pelaksanaan MTQ Tingkat Kabupaten Halmahera Timur ke-11 ini dapat melahirkan generasi yang AlQurani sehingga dapat mewakili Halmahera Timur di ajang MTQ tingkat Provinsi bahkan ke tingkat Nasional.

Untuk diketahui, peserta khafilah yang terdaftar sebanyak 184 orang terdiri dari Putera 86 orang dan puteri 96 orang dari 7 mata lomba diantranya,

1.Cabang Tilawah dewasa, remaja dan anak-anak sebanyak 36 peserta
2.Cabang Tartil 14 peserta
3.Cabang Hifdzil 37 peserta
4.Cabang Qiraat Murattal 2 peserta
5.Cabang Fahmil Quran 10 regu
6.Cabang Syarhil Quran 10 regu
7.Cabang Kaligrafi naskah 9 peserta
8.Cabang Kaligrafi HIasan Mushaf 10 peserta
9.Cabang Kaligrafi Dekorasi 7 peserta
10.Cabang Kaligrafi Kontenporer 9 peserta

Baca Juga :   Bupati Haltim Menjadi Inspektur Upacara Peringatan HUT RI Ke -77 Tahun

(Red/Ruslan)

Pos terkait