Dukung Olahraga di Manokwari, Pemda Akan Menata Kelembagaan Olahraga

  • Whatsapp

MANOKWARI- Dalam rangka memajukan dan membangun Kabupaten Manokwari sebagai pusat peradaban tanah Papua dan Ibu Kota Papua Barat, terutama pembangunan dalam bidang olahraga pemerintah daerah kabupaten Manokwari dibawah kepemimpinan Bupati dan wakil bupati Manokwari, Hermus Indou- Edi Budoyo akan membenahi fasilitas pendukung sarana prasana olahraga yang ada.

Hal tersebut diungkapkan Hermus Indou di ruang kerjanya saat ditemui sejumlah awak media.Bupati menyebut bahwa Ada beberapa kebijakan penting yang akan dikeluarkan dalam rangka pembangunan bidang olahraga di Kabupaten Manokwari, yakni kita ingin menata regulasi terkait dengan sistem keolahragaan daerah.

” Dimana regulasi-regulasi yang kita hasilkan dibidang olahraga akan mengatur secara komprehensif semua sistem keolahragaan yang saling terkait antara satu dan lainnya” ucap Bupati.

Bupati berharap Manokwari sebagai ibu kota dan pusat peradaban tanah papua tidak sepi tetapi akan menjadikan generasi dalam menyiapkan bibit-bibit olahraga atau atlet yang baik yang dapat disumbangkan kepada pemerintah provinsi maupun stakeholder lainnya.

“Kita akan menata kelembagaan keolahragaan, terutama dari KONI dan semua cabang-cabang olahraga akan dibenahi termasuk klub-klub olahraga Sehingga diharapkan semua kelembagaan benar-benar berfungsi dan bisa mengoperasikan semua kegiatan olahraga sesuai dengan cabang-cabang olahraga yang ditetapkan di Manokwari”harap Bupati.

Selain itu kata Bupati, pihkanya akan menyiapkan dan mendorong SDM olahraga, Baik pelatih, wasit termasuk atlet dalam semua cabang olahraga akan dibina secara baik supaya berkontribusi dalam memajukan olahraga di Kabupaten Manokwari.

“Kita ingin sarana prasarana olahraga diperbaiki dan dibangun secara bertahap untuk semua cabang olahraga, supaya bisa bermanfaat dan mampu memberikan kontribusi dalam pengembangan olahraga” katanya.

Olehnya itu, pihaknya berharap ada kemitraan atau kerjasama atau partisipasi dalam pengembangan olahraga, dimana olahraga tidak hanya menjadi tanggung jawab pemda saja tetapi semua pihak ikut bertanggungjawab.

“Dalam kepemimpinan pemerintahan saya, kami berharap banyak pihak ketiga yang punya modal dan kompetensi yang kuat dan harus diberikan kesempatan untuk dapat mengurus dan membiayai cabang-cabang olahraga yang kita anggap penting dan prioritas di Kabupaten Manokwari” Harap Bupati.

Salah satu kebutuhan olahraga jangka pendek yakni Stadion Sanggeng pemerintah daerah akan melakukan renovasi untuk mengantisipasi kebutuhan pertandingan olahraga.

“Selain Adolof Kabo Cup, akan ada turnamen-turnamen lainnya. Baik yang diselenggarakan oleh pemda maupun pihak lain. Jujur saja bahwa Manokwari terbatas dalan sarana dan prasarana sehingga Sarana prasarana yang ada harus kita perhatikan, kita rawat dan optimalkan sehingga bisa efektif bagi penyelenggaraan olahraga. Khususnya cabang sepak bola” kata Bupati.

“Tidak hanya stadion Sanggeng, tetapi GOR Sanggeng juga ada dalam rencana kita untuk tahun ini juga kita akan merenovasinya dan dipastikan setiap saat bisa tersedia untuk menjawab kebutuhan olahraha di Kabupaten Manokwari” tandas Bupati. (R)

Pos terkait