Ketua Dokter Hewan Sebut Covid-19 Tidak Bisa Ditularkan Hewan Kepada Manusia

MANOKWARI-Meningkatnya jumlah pasien Covid-19 setiap harinya menimbulkan kekhawatiran baru dimasyarakat. Sejumlah unggahan dimedia sosial sempat menyebut bahwa virus corona atau covid-19 juga bisa menular melalui hewan peliharaan.

Hal ini membuat sejumlah Masyarakat khawatir dan menyingkirkan hewan peliharaan tersebut. namun benarkah covid-19 bisa menularkan manusia melalui hewan?.

Ketua Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia Cabang Papua Barat Dokter Hewan, Dodik Hasdian saat ditemui di Fakultas Peternakan Unipa Jumat 17/4/2020 menghimbau kepada masyarakat tidak terlalu khawatir, bahwa sampai saat inipun berdasarkan data dari W-H-O sebagai badan kesehatan dunia, sudah menegaskan bahwa covid-19 hanya bisa menular melalui manusia, dan belum ada bukti yang kuat covid-19 bisa menular lewat hewan peliharaan yang ada dirumah.

Dodik berharap kepada masyarakat yang memiliki hewan peliharaan dirumah untuk tidak kawatir.

Baca Juga :   Jebolan STIE Mah-Eisa Sangat Dibutuhkan Pada Periode Bonus Demografi

Dikatakan Dodik, memang betul hewan harimau yang disebut terinfeksi covid-19 di Amerika, karena pemilik hewan tersebut telah terlebih dahulu didiagnosa terinfeksi covid-19 yang juga merupakan pawang dari peliharaannya tersebut.

Sementara itu kekawatiran masyarakat mengkonsumsi bahan asal hewan baik yang segar maupun olahan, Dodik mengatakan bahwa masyarakat tidak perlu kawatir untuk mengkonsumsi bahan asal hewan.

Justru di himbau untuk tetap mengkonsumsi hewan, karena itu sangat bermanfaat untuk meningkatkan sistim imunitas tubuh kita.

Sebagai Ketua Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia Cabang Provinsi Papua Barat dirinya menghimbau masyarakat tetap waspada dan selalu berhati-hati, namun tidak perlu berlebihan apalagi kawatir untuk memelihara hewan peliharaannya, karena hanya cukup dengan melakukan perawatan dengan baik, pembersihan kandang, lingkungan serta sementara membatasi dan mengisolasi hewan tersebut. (QZ)

Pos terkait