DPD KNPI Haltim Diharapkan Mampu Menghasilkan Program yang Inovatif

HALTIM,KABARTIMUR – Sekertaris Daerah (Sekda) Halmahera Timur (Haltim) Provinsi Maluku Utara (Malut) Ricky Chairul Rifat, meminta Dewan Pimpinan Daerah(DPD) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Haltim, agar bisa menghasilkan program program inovatif untuk membantu pemerintah Daerah dalam mewujudkan Haltim yang maju dan Sejahtera.

Hal tersebut diungkapkan sekda dalam sambutannya mewakili Bupati Haltim pada pelantikan pengurus DPD KNPI Haltim, Senin (06/09/2021) di Aula kantor Bupati.

Bacaan Lainnya

” Saya berikan tantangan kepada KNPI, untuk bisa menghasilkan program program inovatif dalam periodesasi kali ini, kalau bisa di wujudkan Pemda Haltim sangat mengapresiasi,” Ujar sekda,

Baca Juga :   Satu Keluarga Laka Tunggal di jalan Lintas Mabapura Buli

Sekda mengatakan, saat ini Pemerintah daerah tengah mengupayakan adanya program inovatif di setiap SKPD, namun dari kurang lebih 30 SKPD baru, sebanyak 11 SKPD yang menjalankan program inovatif.

” Jadi Kalau KNPI dengan bidang yang ada sebanyak 40 bidang itu bisa melakukan program inovatif minimal 1 bidang satu program, saya akan minta SKPD belajar Ke KNPI, saya berikan tantangan itu,” harap sekda.

Sekda menambahkan, peran Pemuda sangatlah penting dalam pembangunan setiap daerah, sehingga perlu adanya sinergitas yang terbangun secara proporsional agar keberlanjutan pembangunan di Haltim bisa berjalan sesuai harapan.

“Jadi tetap saja, harus ada masukan, kritik dan solusi dari KNPI sebagai elemen pemuda Haltim bagi keberlangsungan negeri ini kepada pemerintah daerah, nanti ada singkronisasi RPMJD beberapa waktu mendatang, saya minta peran KNPI juga harus ada di dalamnya,” sambung sekda.

Baca Juga :   KNPI Haltim Protes Lomba Median Peringati HUT RI Ke-77.

Senada, Ketua KNPI Provinsi Maluku Utara, Irman Saleh, meminta agar KNPI Haltim, harus mempu merumuskan program program yang nyata bagi masyarakat.
” Jadi tidak perlu terlalu banyak program, biar sedikit tetapi harus bisa di laksanakan, Karena percuma saja banyak program tetapi tidak bisa di jalankan, kita butuh kerja nyata,” tegas Irman.

Irman menekankan, KNPI sebagai lembaga kepemudaan memiliki peran strategis, meskipun saat ini ada sejumlah persoalan yang menyertai perjalanan KNPI namun dibutuhkan konsistensi dalam mengawal agenda masyarakat.
” Tidak perlu dengar isu isu sepihak, kita kerja, kerja dan kerja nyata, biarlah publik menilai siapa yang terbaik, dengan kerja nyata sudah pasti kita akan lebih dianggap mampu membawa pemuda saat ini demi kesejahteraan masyarakat di daerah ini,” harap Irman.

Sementara itu, ketua KNPI Haltim, Edy Septiagus Rajab, menegaskan akan membangun kemitraan strategis bersama pemerintah daerah dan stakehokder lainnya di Haltim guna mewujudkan cita cita besar Haltim yakni maju dan Sejahtera.
” Kita akan tetap mendukung pemerintah dan tidak lupa mengedepankan sikap kritis dan solutif kepada pemerintah, sehingga ada sinergitas produktif yang terbangu antar KNPI dan Pemda Haltim,” Ujarnya.

Baca Juga :   Ada 13 OPD di Haltim Belum Menyelesaikan Proses Administrasi, Pemda Belum Bayarkan TTP

Edi berharap agar program yang di hasilkan oleh KNPI bisa diselaraskan dengan kebutuhan kepemudaan di Haltim, yakni tetap membangun kemitraan dengan pemerintah sebagai partnership yang akan berjalan bersama sama.

” Kemitraan yang ada tidak lain sebagai bentuk kepedulian KNPI Haltim, dalam membantu pemerintah daerah untuk membangun kesejahteraan Haltim kedepannya,” Pungkas Edi. (RH/RED)

Pos terkait