Data Warga Binaan Lapas Manokwari yang Kabur Disebarluaskan

  • Whatsapp

MANOKWARI—Polres Manokwari telah menyebarluaskan data 5 warga binaan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas IIB Manokwari yang kabur pada 22 Juli lalu. Upaya itu dilakukan untuk memudahkan pencarian terhadap warga binaan yang hingga kini masih buron.

Kapolres Manokwari, AKBP Adam Erwindi melalui Kasat Reskrim, AKP Musa Jedi Permana mengatakan, selain melakukan pengejaran, identitas kelima warga binaan tersebut telah disebarluaskan ke masyarakat, pengemudi transportasi darat, serta seluruh polsek dalam wilayah hukum polres Manokwari.

“Tempat tinggal kelima napi yang kabur ini di daerah Manokwari namun titik akses ke luar kota Manokwari juga selalu dalam pantauan yang ketat guna mencegah oknum-oknum tersebut melarikan diri keluar dari kota Manokwari,” kata Musa Permana, Selasa (23/7/2019).

Kata Musa Permana, hasil pengejaran kelima warga binaan sampai saat ini belum membuahkan hasil. Ia mengatakan, titik yang menjadi fokus pencarian tim opsnal satreskrim adalah sekitar wilayah tempat tinggal, pelabuhan laut serta bandar udara.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Provinsi Papua Barat Anthonius Ayorbaba menjelaskan, modus kaburnya para warga binaan dengan memanfaatkan kegiatan pertandingan futsal yang diselenggarakan pihak lapas dalam rangka peringatan HUT RI ke-74 .

“Lima dari 6 napi yang melarikan diri memiliki rekam jejak pelarian di waktu sebelumnya, bukan hanya satu kali bahkan ada yang melakukan pelarian sudah kelima kalinya,” jelas Antohinius Ayorbaba usai mengunjungi lapas klas.
Kata Anthonius Ayorbaba, pihaknya akan bertindak cepat dalam pencarian warga binaan.

Anthonius Ayorbaba mengatakan telah memberikan instruksi ke pihak lapas untuk mengirimkan data kelima narapidana yang disertai dengan surat pengantar melalui pelaksana harian kepala lapas.

Diketahui warga binaan yang kabur sebanyak 6 orang. Meski demikian, satu warga binaan berinisial HDR berhasil ditangkap petugas.

“Semalam data memang telah diterima satreskrim namun akan dilampirkan dengan surat dan data napi secara resmi. Dalam surat itu kami juga meminta agar informasi ini diteruskan ke seluruh polsek jajaran polres Manokwari untuk ditindaklanjuti dalam pencarian kelima napi tersebut,” tandasnya. (SGF)

Pos terkait