Sejumlah Warga Binaan Lapas Manokwari Bakal Dimutasi

  • Whatsapp

MANOKWARI—Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Provinsi Papua Barat, Anthonius Ayorbaba mengatakan, bakal melakukan mutasi terhadap sejumlah warga binaan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas IIB Manokwari.

Langkah mutasi diyakini sebagai salah satu solusi untuk mewujudkan lingkungan lapas yang kondusif, juga meminimalisir berbagai kemungkinan yang bisa memicu kondisi lapas menjadi tidak kondusif.

“Apabila secepatnya ditemukan saya akan segera mutasikan kelima warga binaan yang kabur. Khusus di dalam wilayah Papua Barat, lapas yang paling kondusif berdada di Fakfak,” kata Anthon Ayorbaba, Selasa (23/7/2019).

Menurut Anthonius Ayorbaba, mutasi warga binaan lapas Manokwari akan dilakukan secara bertahap dan sesuai dengan mekanisme yang berlaku.
“Mutasi dalam wilayah merupakan kewenagan saya sebagai kakanwil, jika mutasi antarwilayah maka harus disetujui Dirjen Kemasyarakatan Kemenkumham,” ujar Anthonius Ayorbaba.

Informasi yang dihimpun, sesuai dengan prosedur dan tahapan pada setiap pelarian warga binaan, tim dari kanwil Kemenkumham setempat akan melakukan pemeriksaan soal apakah merupakan unsur kelalaian petugas atau perencanaan warga binaan. (SGF)

Pos terkait