Cegah Stunting di Luwu Utara Kunci ABCDE Disosialisasikan.

LUWU RAYA, Kabartimur.com –┬áKapolsek Sabbang Polres Luwu Utara Polda Sulawesi Selatan, IPTU Gustan menghadiri pelaksanaan gerakan cegah stunting dengan kunci ABCDE bersama lintas sektor terkait di kantor Kecamatan Sabbang Selatan yang dibuka Wakil Bupati (Wabup) Luwu Utara (Lutra) Suaib Mansur, Kamis (9/3/2023).

Kegiatan tersebut diikuti para Bhabinkamtibmas se-Kecamatan Sabbang Selatan, para Babinsa, pegawai puskesmas, 10 Kepaka Desa dan TO PKK Desa dan anggota 10 orang, BMKT mengikutkan 10 anggota serta penyukuh UPT KB.

Bacaan Lainnya

Giat tersebut berlangsung di halaman Kantor Camat Sabbang Selatan dan turut hadir dalam kegiatan tersebut antara lain Camat Sabbang Selatan Syahruddin beserta staf.

Baca Juga :   Bawaslu Haltim, Meminta KPU Agar Tidak Menetapkan Calon PPS Masuk Pengurus Parpol

Kapolsek Sabbang , IPTU Gustan pada media ini, Kamis 9 Maret 2023 sore mengatakan bahwa, stunting merupakan kondisi serius pada anak yang ditandai dengan tinggi badan anak di bawah rata-rata atau anak sangat pendek serta tubuhnya tidak bertumbuh dan berkembang dengan baik sesuai umurnya dan berlangsung dalam waktu lama.

Penyebab stunting adalah rendahnya jumlah serta kualitas gizi, pola asuh yang kurang baik pada perilaku pada bayi dan anak, rendahnya akses pelayanan kesehatan serta kualitas sanitasi dan air bersih.

Oleh karena itu pemerintah daerah
melalui Wakil Bupati Luwu Utara melakukan upaya untuk menekan angka stunting, dengan diadakan kegiatan gerakan cegah stunting bersama lintas sektoral di Kecamatan Sabbang Selatan dengan pesan kunci ABCDE.

“Stunting menjadi permasalahan serius bagi kita semua, olehnya itu kami harapkan untuk bisa membatu pemerintah daerah dalam menekan angka stunting di setiap desa masing-masing dan berharap Kecamatan Sabbang Selatan ini Bbbas dari stunting,” ucap IPTU Gustan.

Baca Juga :   Cegah Stunting, Dinas Kesehatan Luwu Utara Gulirkan Inovasi GIAT KI CES

Kapolsek Sabbang menjelaskan bahwa, sesuai arahan dan pesan Suaib Mansur Wakil Bupati (Wabup) Lutra, tadi di pertemuan menjelaskan pesan kunci ABCDE dalam pencegahan stunting.

Dikatakan Wabup Lutra bahwa, gerakan cegah stunting bahwa kunci ABCDE adalah wujud komitmen untuk mengakselerasi penurunan stunting.

Untuk diketahui kunci ABCDE adalah sesuai pesan Wabup bahwa, A itu adalah aktif minum tablet tambah darah, B itu Bumil atau harus teratur memeriksakan kehamilan, C itu mengkonsumsi protein hewani, D itu datang ke Posyandu setiap bulan serta E itu adalah eksklusif ASI setiap enam bulan. (Red/Yustus)

Pos terkait