Cegah Stunting, Dinas Kesehatan Luwu Utara Gulirkan Inovasi GIAT KI CES

LUWU RAYA, Kabartimur.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lywu Utara (Lutra) Sulawesi Selatan (Sulsel) melalui Dinas Kesehatan terus menggulirkan sejumlah program Inovasi guna pencegahan stunting.  

Menurut sekretaris Dinas Kesehatan Lutra, Agunawan, Senin 13 Maret 2023, terobosan berupa Inovasi dalam mengatasi masalah Stunting tersebut diberi nama Inovasi “GIAT KI CES” dengan kepanjangannya Gigi Anak Sehat Kiat Cegah Stunting.

Bacaan Lainnya

“Tujuan umum program ini untuk mendukung penurunan stunting di Kabupaten Luwu Utara. Sedangkan tujuan Khususnya meningkatkan pemantauan balita secara lebih optimal. Memberikan kemudahan bagi Balita dalam mengakses pelayanan Kesehatan terutama dalam penimbangan dan pengukuran setiap bulan, yang menitikberatkan pada kesehatan Ibu dan anak, khususnya kesehatan gigi,” sebutnya.

Baca Juga :   Harga Gabah Tak Menentu, Perwakilan Gapoktan Datangi DPRD Sidrap

Inovator GIAT KI CES, drg Arie Andi Dhayan Tomaisuri, S.Kg mengatakan inovasi ini sukses menyekesaikan tahapan presentasi dan wawancara di Four Point by Sherton Makassar baru-baru ini.

Inovasi GIAT KI CES yakni, inovasi yang bertujuan meningkatkan peran ibu dan balita dalam rangka untuk mencegah anak menderita stunting.

Menurut, Arie Andi Dhayan 9eran ibu dalam menjaga kesehatan gigi anak, juga sanfat penting dalam upaya mencegah anak dari kasus karies gigi sulung.
“Karies gigi sulung kerapkali terjadi pada anak yang menyebabkan terjadinya infeksi, nafsu makan berkurang, gangguan pencernaan serta kelainan pengunyahan,” terang dokter.

Jika itu terjadi, kata Arie, akan menyebabkan terjadinya gangguan perkembangan kelenjar air liur, sehingga makanan tak dapat diserap sempurna.

“Melalui inovasi GIAT KI CES, kami mencoba mengubah perilaku ibu dari yang tidak peduli menjadi peduli terhadap kesehatan gigi anaknya,” jelas Arie. (Red/Yustus)

Baca Juga :   Tahun 2023 Kabupaten Manokwari Akan Menjadi Tuan Rumah Perayaan Paskah Nasional

Pos terkait