Catat! Pileg 2024, Harga Satu Kursi DPRD Teluk Wondama 2.251 Suara

WASIOR – Sesuai Data Agregat Kependudukan per Kecamatan (DAK2) tahun 2022 yang dikeluarkan Kementerian Dalam Negeri, jumlah penduduk Kabupaten Teluk Wondama tercatat sebanyak 45.030 jiwa.

Koordinator Divisi Teknis Penyelenggara KPU Teluk Wondama Berty Leleulya mengatakan, DAK2 dari Kemendagri menjadi dasar bagi KPU untuk menyusun daerah pemilihan (dapil) maupun alokasi kursi DPRD untuk Pileg 2024.

“Karena DAK2 hanya 45.030 jiwa masih di bawah 100 ribu jiwa maka jumlah kursi anggota DPRD Kabupaten Teluk Wondama hanya boleh dapat 20 kursi. Jadi belum ada penambahan. Mudah-mudahan pemilu 2029 kita punya penduduk di atas 100 (ribu) supaya punya 25 kursi, “ujar Berty.

Berty menyampaikan hal itu pada acara Sosialisasi Daerah Pemilihan dan Alokasi Kursi Anggota DPRD Kabupaten Teluk Wondama untuk Pemilu 2024 di aula SMPN Wasior, Selasa, 21 Maret 2023.

Baca Juga :   Dinas Perikanan Wondama Siapkan 25 Nelayan Lokal untuk Penerapan E-Logbook Penangkapan Ikan

Berty melanjutkan, berdasarkan jumlah penduduk tersebut, maka bisa diketahui berapa besar bilangan pembagi penduduk (BPP) yang tak lain merupakan nilai atau harga satu kursi DPRD Kabupaten Teluk Wondama pada Pileg 2024.

BPP sendiri diperoleh dengan rumus jumlah penduduk dibagi dengan alokasi kursi DPRD yang tersedia. Dengan demikian maka BPP untuk Pileg 2024 di Teluk Wondama adalah 2.251 suara.

“Jumlah penduduk 45.030 dibagi dengan jumlah kursi (20) maka harga sebuah kursi DPRD Kabupaten Teluk Wondama 2.251. Ini harga sebuah kursi anggota DPRD Kabupaten Teluk Wondama,” ucap Berty.

“Jadi partai politik inilah tugas, ini harus dipahami untuk bersosialisasi atau berkampanye mengejar harga sebuah kursi di masing-masing dapil,”lanjut pria yang sudah dua periode menjadi komisioner KPU Teluk Wondama.

Bupati Teluk Wondama Hendrik Mambor yang hadir dalam kesempatan itu mengharapkan semua partai politik mempersiapkan diri dengan baik untuk menghadapi pesta demokrasi pemilu serentak 2024.

Baca Juga :   Bandara I.S Kijne di Wondama Dibangun Tahun Depan, Masyarakat Adat Sepakat Lepas Tanah 280 Hektar

“Kita harapkan Pemilu 2024 sampai Pilkada bisa menjadi pemilu yang profesional. Dan harapannya kita melaksanakan itu dengan baik dan profesional sehingga menghasilkan hasil pemihan yang betul-betul berkualitas bagi daerah dan masyarakat di Kabupaten Teluk Wondama, “kata Mambor saat memberikan sambutan. (Nday)

 

Pos terkait