Bukit Yapiamba Jadi Tapal Batas Kabupaten Teluk Wondama dan Kaimana

  • Whatsapp

WASIOR – Pemkab Teluk Wondama dan Kabupaten Kaimana, Provinsi Papua Barat akhirnya menyepakati batas wilayah antara kedua kabupaten.

Tapal batas kedua kabupaten bertetangga ith disepakati terletak di bukit Yapiamba dengan titik koordinat 03 derajat, 19 menit, 134 detik Lintang Selatan dan 134 derajat, 57 menit, 448 detik Lintang Utara. Bukit Yapiamba sendiri berada di antara Kampung Yabore, Distrik Naikere, Teluk Wondama dan Kampung Ure, Distrik Yamor, Kaimana.

Berita Cara kesepakatan tapal batas kedua kabupaten yang telah berusia 16 tahun itu ditandatangani pada 18 Juli 2019 oleh perwakilan dari kedua kabupaten. Yakni Asisten Bidang Pemerintahan Setda Teluk Wondama Jack Ayamiseba dan Kabag Pemerintahan Teluk Wondama Yulius Korowa.

Sementara dari Kabupaten Kaimana diwakili oleh Kabag Pemerintahan Fransisco Beruatwarin dan Kepala Distrik Yamor Jamsul Runtuk. Ikut menandatangani Kepala Kampung Yabore Sefnat Kawiyata, Kepala Kampung Ure Jitro Samiata serta tokoh adat dari kedua kampung.

Kesepakatan itu tercapai setelah perwakilan kedua belah pihak melakukan pengecekan lapangan sekaligus pengukuran titik koordinat yang dilakukan pada pada 18 Juli lalu.
“Kesepakatan ini bersifat final sehingga mengikat kedua belah pihak sehingga tidak akan ada gugatan lagi di kemudian hari, “ kata Yulius Korowa, Kabag Pemerintahan Teluk Wondama dalam siaran pers yang diterima, Sabtu (20/7).

Yulius mengatakan tercapainya kesepakatan soal tapal batas antara kedua kabupaten merupakan hal yang positif bagi kedua daerah otonom yang resmi berdiri pada 2003.

Sebab kepastian tapal batas tidak hanya akan meniadakan saling klaim wilayah tetapi juga menghadirkan kepastian dalam perencanaan dan pelaksanaan pembangunan pada kedua daerah bertetangga itu.

“ Dengan sudah adanya kesepakatan ini maka batas wilayah antara Kabupaten Teluk Wondama dengan Kabupaten Kaimana siap di-Permendagri-kan, “lanjut lulusan IPDN ini. (Nday)

 

Pos terkait