Bantu Nelayan, Pasangan A2 Janji Hidupkan Pangkalan Ikan di Dotir dalam 100 Hari Kerja

  • Whatsapp

WASIOR – Membangun kembali Pangkalan Pendaratan Ikan (PPI) di Dotir, Distrik Wasior yang kini terbengkalai menjadi salah satu prioritas pasangan Elysa Auri-Fery Auparay (A2) dalam 100 hari kerja jika terpilih sebagai bupati dan wakil bupati Teluk Wondama.

Revitalisasi PPI yang juga dilengkapi dengan cold storage dan pabrik es batu merupakan bagian dari program ‘Nelayan Bisa’ yang ditawarkan paslon nomor 1 itu untuk mengangkat kesejahteraan nelayan di Kabupaten Teluk Wondama.

“Kita akan hidupkan kembali apa yang ditinggalkan bapak almahrum Albert Torey (bupati Wondama pertama). Pabrik es dan cold storage yang terbengkalai di Rado (Dotir) kita akan selesaikan dalam 100 hari. Investornya sudah ada, “ucap Fery Auparay dalam kampanye terbatas di Kampung Iriati Distrik Wasior, Rabu (21/10/2020).

“Begitu selesai kita akan kerjasama dengan pengusaha-pengusaha yang akan masuk untuk menggunakan cold storage untuk menerima dan menampung ikan dari nelayan, “sambung dia.

Lewat program Nelayan Bisa, lanjut Fery, Pasangan A2 juga akan membentuk badan usaha milik daerah (BUMD) yang bergerak di bidang usaha perikanan dan kelautan.
Melalui skema penyertaan modal dari APBD, BUMD tersebut akan berposisi sebagai induk semang bagi semua BumDes (badan usaha milik desa) yang sudah ada di kampung.

Fery mengklaim, dengan pola kerjasama BMUD dan BumDes maka apa yang menjadi kebutuhan dasar para nelayan seperti modal usaha, BBM hingga pasar untuk menjual hasil tangkapan, semuanya dapat disediakan dalam skema satu pintu.

“Jadi bagi saudara kita di Yende, Yembekiri, Roswar dia tidak perlu datang lagi ke Wasior. Dia cukup datang ke Bumdes, kita akan connecting dengan BUMD yang sudah diberikan penyertaan modal sekian puluh miliar, masyarakat bisa bawa modal kerja, bisa terima BBM murah, bisa ambil es batu bahkan menjual hasil langsung di Bumdes, “kata mantan anggota DPR Provinsi Papua Barat itu.

Lebih lanjut, masih lewat program Nelayan Bisa, paslon yang diusung PDIP, PKPI dan PSI juga menyiapkan asuransi bagi semua nelayan.

“Kita akan berikan asuransi bagi nelayan. Tidak cuma nelayan di laut saja tapi yang usaha tambak ikan, budidaya ikan di darat juga diberikan. Ini untuk memberikan rasa aman bagi nelayan kita saat keluar mencari, “ ucap pengusaha BBM ini. (Nday)

Pos terkait