Amankan Stok Pangan Hadapi COVID-19, Pemkab Wondama Rencana ‘Impor’ Ratusan Ton Beras

  • Whatsapp

WASIOR – Mengantisipasi kelangkaan pangan akibat pandemi virus corona atau Covid-19, Pemkab Teluk Wondama akan mendatangkan beras dalam jumlah besar untuk memperkuat stok beras di daerah.

Kepala Dinas Perindagkop dan UMKM Ekbertson Karubuy merincikan dengan jumlah penduduk 54 ribu jiwa maka kebutuhan beras yang di Wondama mencapai 470 ton perbulan. Perhitungan itu didasarkan pada asumsi setiap jiwa mengonsumsi rata-rata 500 gram beras per hari.

Adapun sejauh ini pasokan beras yang masuk ke Wondama yang diadakan oleh tiga distributor besar di Wondama baru sebanyak 180 ton perbulan. Sehingga masih terdapat kekurangan sebesar 290 ton yang harus diadakan sendiri oleh Pemda.

“Jadi yang kurang itu yang dibiayai dengan APBD. Itu kita pakai untuk persediaan untuk operasi pasar tatkala persediaan menurun dengan harga setengah (dari harga pasar), “ jelas Ekber dalam rapat konsultasi TAPD dengan Banggar DPRD terkait realokasi dan refocussing APBD untuk penanganan Covid-19 di Gedung Sasana Karya di Isei, Rabu (8/4/2020).

Ekber mengaku sudah melakukan koordinasi dengan para distributor beras di Wondama dan mereka siap membantu Pemda untuk mendatangkan beras pesanan Pemda.

“Anggarannya sudah masuk jadi tinggal kita tunggu pencairan langsung belanja, “ ujar mantan Sekretaris Bappeda ini.

Adapun dalam rencana belanja untuk penanganan Covid-19, Tim Anggaran Pemda (TAPD) telah mengalokasikan anggaran sebesar 4,1 miliar untuk belanja barang kebutuhan pokok untuk persediaan selama 3 bulan ke depan. (Nday)

Pos terkait