42 Wartawan Se-Papua Barat Akan Ikut Uji Kompetensi Wartawan

  • Whatsapp

MANOKWARI-Sebanyak 42 wartawan di wilayah Papua Barat akan mengikuti Uji Kompetensi Wartawan (UKW), yang akan dilaksanakan pada Tanggal 21-22 September 2018, di Swiss bel Hotel, Manokwari.

UKW yang diselenggarakan oleh Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Papua Barat ini terdiri terdiri dari tiga tingkatan, yaitu Utama, Madya dan Muda.

” Ada 42 peserta yang akan ikut UKW terbagi atas 6 kelas, Tingkat Utama 1 kelas, Madya 1 kelas dan Muda 4 kelas. Masing-masing kelas terdiri dari 7 peserta,” jelas Ketua PWI Papua Barat, Bustam pada Rapat Pemantapan Menuju UKW di Sekertariat PWI, Lantai 2 RRI Manokwari, Rabu Sore (19/9/18).

Wartawan Muda adalah wartawan yang sehari-hari bertugas di lapangan, meliput dan menulis berita hasil liputannya.Wartawan Madya adalah redaktur, kordinator liputan dan/atau redaktur pelaksana (redpel).Sedangkan Wartawan Utama adalah redpel senior, wakil pemimpin redaksi, dan pemimpin redaksi.

Baca Juga :   Uskup Hilarion : Jadikan Pesparani Festival Iman dan Ajang Berbagi Kebahagiaan

Bustam menjelaskan bahwa kegitan UKW bertujuan untuk meningkatkan kualitas kerja para wartawan secara terukur, agar publik dapat ikut mengontrol perilaku para jurnalis di lapangan. Setelah mengikuti UKW, para wartawan diharapkan dapat melayani kepentingan publik dengan maksimal dan profesional.

“Wartawan wajib untuk sertifikasi dan harus lulus, ini untuk meningkatkan kualitas wartawan, sehingga jurnalisme itu tidak dianggap sebagai sosok ditakuti, tapi bisa memberikan motivasi tanpa melupakan kontrol sosial,” kata Bustam.

Pos terkait