2.348 Dukungan Dinyatakan Lengkap, Pasangan Independen Mambor-Andi Optimis Lolos Pilkada Wondama

  • Whatsapp

WASIOR – Bakal pasangan calon perseorangan Pilkada Teluk Wondama 2020 Hendrik Mambor – Andarias ‘Andi’ Kayukatuy (HEMAT), Senin, 27 Juli 2020 menyerahkan syarat dukungan perbaikan kepada KPUD Teluk Wondama.

Pasangan HEMAT tiba di kantor KPUD di Jalan Topai Wasior pada pukul 12.10 WIT dengan diantar tim pendukung dan simpatisan. Mereka diterima Ketua KPU Teluk Wondama Monika Elsy Sanoi yang didampingi 4 komisioner lain.

Ikut hadir Ketua Bawaslu Teluk Wondama Menahen Sabarofek bersama dua pengawas lainnya.

Berdasarkan hasil pengecekan terhadap formulir Model B.1-KWK Perseorangan Perbaikan, diketahui jumlah KTP dukungan yang diserahkan mencapai 2.392 lembar.
Dari jumlah itu dokumen yang dinyatakan lengkap sebanyak 2.348 lembar dan yang tidak lengkap sebanyak 44 lembar.

Sementara untuk syarat sebaran dukungan yang mencakup 13 distrik seluruhnya dinyatakan memenuhi syarat.

Atas dasar itu KPU Wondama menetapkan dokumen dukungan perbaikan yang diserahkan pasangan HEMAT dapat diterima.

Untuk diketahui pasangan dari jalur independen itu harus melewati tahapan perbaikan lantaran sesuai hasil verifikasi faktual oleh KPU jumlah KTP dukungan yang dinyatakan memenuhi syarat tidak mencapai batas minimum yang ditetapkan yaitu sebanyak 2.591 lembar.

Jumlah KTP dukungan untuk pasangan HEMAT yang memenuhi syarat hanya sebanyak 1.862 lembar yang berarti masih kurang sebanyak 729 dukungan. Karena itu sesuai ketentuan jumlah dukungan yang harus diserahkan pasangan HEMAT dalam masa perbaikan adalah dua kali lipat dari jumlah kekurangan yang ada.

“Jumlah minimal syarat dukungan perbaikan yang harus diserahkan adalah sebanyak 1.458 dukungan, “ ujar Ketua KPUD pada saat penerimaan berkas perbaikan.

Meski masih menunggu hasil verifikasi faktual oleh KPUD, Ketua Tim Relawan HEMAT Ridas Wambrau optimistis pasangan Mambor-Andi akan lolos menjadi kontestan Pilkada 2020.

“Dokumen dukungan yang kami serahkan hari ini ke KPUD Teluk Wondama sebanyak 2.348 akan mengantarkan pasangan HEMAT maju Pilkada pada 9 Desember 2020. Kami optimis HEMAT pasti memperoleh kendaraan dari jalur perseorangan, “ tandas Ridas.

Dia menambahkan, secara akumulasi pihaknya telah menyerahkan sebanyak 4.210 dukungan ke KPUD Wondama. Jumlah itu diyakini sudah cukup aman untuk memastikan tiket Pilkada bagi pasangan HEMAT.

“Syarat minimal yang diminta KPU 2.591 sedangkan dokumen yang sudah kami serahkan adalah 4.210 jadi kami yakin HEMAT pasti lolos, “ sambung Ridas yang dihubungi melalui pesan whatsapp, Senin sore. (Nday)

Pos terkait