18 Parpol di Wondama Sepakat Wujudkan Pemilu 2024 Damai dan Demokratis

WASIOR, Kabartimur.com – Partai politik di Kabupaten Teluk Wondama bersama Pemerintah Daerah serta para pemangku kepentingan lainnya bersepakat mewujudkan Pemilu 2024 yang aman damai, Jurdil dan berintegritas.

Komitmen mewujudkan pesta demokrasi yang aman dan damai ditandai dengan Deklarasi Pemilu Damai Tahun 2024, di aula Polres Teluk Wondama di Isui, Selasa (5/12/2023).

Dalam deklarasi yang diinisiasi oleh Polres Teluk Wondama, sebanyak 18 parpol di Teluk Wondama bersama dengan Pemda, KPU dan Bawaslu, TNI/Polri, tokoh adat, tokoh agama dan tokoh masyarakat menandatangani empat butir kesepakatan.

Yakni siap menjaga keutuhan NKRI berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 dan siap menyukseskan Pemilu 2024 yang aman, damai dan demokratis.

“Siap tunduk dan patuh terhadap peraturan perundang-undangan yang berlaku serta menolak segala bentuk ujaran kebencian, berita hoaks, isu SARA, politisasi agama dan politik identitas, “kata Sem Sembor, pengurus Partai Golkar selaku pembaca pernyataan deklarasi.

Baca Juga :   Usai Konsolidasi 13 DPC Partai Garuda Papua Barat Siap Verifikasi Faktual KPU

Semua pihak juga menyatakan siap mendukung sinergitas dan soliditas TNI/Polri, Pemda, penyelenggara Pemilu dan seluruh elemen masyarakat yang berlandaskan nilai Bhineka Tunggal Ika demi terciptanya situasi Kamtibmas yang kondusif.

Kapolres Teluk Wondama AKBP Hari Sutanto mengharapkan kesepakatan partai politik berperan aktif mewujudkan Pemilu 2024 yang aman dan damai dengan berkompetisi secara sehat dan fair.

“Saya minta bantuan dari partai politik mengimbau kepada kader dan simpatisan, namanya kompetisi pasti ada yang kalah dan menang. Tapi bagaimana kita menyikapi hal tersebut, semuanya hanya satu yaitu untuk Indonesia maju, sehingga mari bersama-sama menjaga keamanan dan pelaksanaan Pemilu ini di Teluk Wondama yang aman dan damai, “kata Hari.

Wakil Bupati Andarias Kayukatuy juga menekankan partai politik agar tetap mengedepankan cara-cara berpolitik yang santun dan beretika.

Baca Juga :   20 Anggota DPRD Wondama Sudah Serahkan LHKPN

Ambisi meraih kemenangan jangan dilakukan dengan menghalalkan segala cara dengan mengabaikan rambu-rambu dan aturan main yang ada.

“Semua pasti masing-masing mau menang. Tetapi bagaimana caranya, jangan menjelek-jelekkan calon lain, jangan fitnh partai lain.Jalan sesuai aturan. Kampanyelah yang baik sehingga partai lain caleg lain tidak tersinggung sehingga tidak terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan, “pesan Andi, panggilan karib wakil bupati.

Dandim 1811/Teluk Wondama Letkol Inf Budi Setiadi juga mengharapkan partai politik bersama para tokoh proaktif mengajak masyarakat menjaga situasi tetap aman dan damai selama pelaksanaan Pemilu 2024.

“Jangan mudah terpengaruh isu-isu dari luar yang ingin memecah belah kita, “ujar Dandim.

Turut hadir dalam Deklarasi Pemilu Damai, Ketua KPU Teluk Wondama Yustinus Rumabur, Ketua DAP Daerah Wondama Adrian Worengga dan Ketua BKAG Pendeta Mardianto Tungga serta Plt Sekretaris Bawaslu Jhoni Saleda.

Baca Juga :   Satu Dokter RSUD Terpapar, Wondama Tambah 4 Kasus Positif Covid-19 Baru

Juga Ketua Klasis GKI Wondama Pendeta Antipas Paririe, Ketua MUI Teluk Wondama H.Abudin Ohoimas dan Pastor Paroki St Laurentius Wasior Yustinus Edi Purwanto, CM. (Nday)

 

 

 

Pos terkait