120 Bintara Remaja Resmi Jadi Anggota Polres Teluk Wondama, Disambut Siraman Air Kembang

  • Whatsapp

WASIOR – Polres Teluk Wondama mendapat tambahan 120 personel baru. Ke-120 personel baru itu merupakan Bintara Remaja jalur afirmasi Otonomi Khusus (Otsus) Tahun Anggaran 2021 yang baru menamatkan pendidikan dari beberapa Sekolah Polisi Negara (SPN) di Indonesia.

Mereka terdiri atas 111 polisi laki-laki dan 9 orang Polwan. Sebanyak 98 orang diantaranya merupakan Bintara pengiriman dari Kabupaten Teluk Wondama.

Para Bintara Remaja itu diterima secara resmi dalam Upacara Tradisi Penerimaan Bintara afirmasi Otonomi Khusus (Otsus) Tahun Anggaran 2021 yang dipimpin Kapolres AKBP Yohanes Agustindaru di halaman Markas Polres Teluk Wondama di Isui, Kamis (27/1/2022).

Prosesi penerimaan juga ditandai dengan penyiraman air kembang kepada 7 perwakilan Bintara Remaja.

Penerimaan Bintara afirmasi Otsus itu juga disaksikan oleh Wakil Bupati Andarias Kayukatuy, anggota Majelis Rakyat Papua Provinsi Papua Barat utusan Teluk Wondama Aleda Elisabeth Yoteni, Perwira Penghubung Kodim 1801 Manokwari Mayor Inf Arry Revo dan Ketua LMA Adrian Worengga.

Ikut hadir Kepala Badan Kesbangpol Ortizan Marini, Komandan BKO Kodim Persiapan Teluk Wondama Mayor Inf Edison Yepese serta para perwira Polres Teluk Wondama.

Kapolres menyatakan, Upacara Tradisi Penerimaan Bintara afirmasi Otsus merupakan awal dari proses pelaksanaan pembinaan karir. Tujuannya untuk mempererat jiwa korps Bhayangkara bagi personel Polri yang baru menyelesaikan pendidikan agar dapat mengimpletasikan ilmu-ilmu yang diperolehnya di Polres Teluk Wondama.

Kapolres berharap para Bintara Remaja dapat segera menyesuaikan diri dengan situasi dan kondisi di Kabupaten Teluk Wondama sehingga bisa siap melaksanakan tugas dan tanggung jawab sebagai pengayom masyarakat.

“Untuk menghadapi dinamika potensi kriminalitas di wilayah hukum Polres Teluk Wondama, diharapkan mampu mengakomodir semua fenomena dan gejala yang timbul dengan menampilkan suatu struktur organisasi yang kuat dengan dilandasi suatu pemikiran yang profesional, bermoral dan modern, “pesan Kapolres.

Wakil Bupati Andarias Kayukatui mengajak semua Bintara Remaja untuk selalu bersyukur kepada Tuhan karena telah diberikan kesempatan untuk menjadi anggota Polri.

Andi, demikian panggilan karib orang nomor dua Wondama itu berharap segenap Bintara Remaja dapat mengabdikan diri sebagai anggota Polri di Kabupaten Teluk Wondama dengan penuh dedikasi dan tanggung jawab yang tinggi.

Sementara anggota MRP-PB Aleda Elizabeth Yoteni menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada Polres Teluk Wondama, Polda Papua Barat dan Mabes Polri yang telah membuka rekrutmen khusus bagi putra-puteri asli Papua untuk menjadi anggota Polri.

Terima kasih dan penghargaan juga disampaikan kepada Pemkab Teluk Wondama yang telah memberikan dukungan optimal sejak dari proses rekrutmen, pendidikan hingga pelantikan para Bintara Remaja afirmasi Otsus tahun 2021.

“Kerjasama ini yang sangat dibutuhkan, kami MRP Papua Barat tidak ada apa-apanya tanpa ada dukungan dari semua pihak, “ucap Aleda. (Nday)

Pos terkait