Sudah Tiga Kasus Positif Covid-19, Bupati Imburi : Masih ada Rakyat yang Tidak Dengar-dengaran

  • Whatsapp

WASIOR – Menyusul tiga kasus positif virus corona atau Covid-19 di Kabupaten Teluk Wondama, Bupati Bernadus Imburi menyerukan agar masyarakat mematuhi semua anjuran pemerintah untuk pencegahan Covid-19.

Selain lebih patuh lagi menjalankan protokol kesehatan, bupati berharap warga mematuhi anjuran pemerintah untuk tidak bepergian keluar masuk Wondama terutama ke kabupaten sekitar yang sudah berstatus zona merah Covid-19.

Meski moda transportasi dari dan ke Wondama sudah dibatasi, namun dari evaluasi Gugus Tugas Covid-19 diketahui masih banyak warga yang bepergian ke luar daerah secara sembunyi-sembunyi melalui jalur tikus.

Perilaku seperti itu sangat berisiko karena mereka berpotensi menjadi pembawa virus (carrier) saat kembali dari daerah zona merah.

“Kepada seluruh rakyat Wondama, situasi ini menuntut kita untuk benar-benar memperhatikan anjuran pemerintah. Tapi ada rakyat yang tidak dengar-dengaran. Banyak yang bergerak ke luar dari Wondama dan balik lagi. Ini yang masih banyak orang kurang disiplin.
Saya harap dengan situasi ini (sudah ada kasus positif) jangan anggap biasa-biasa. Dengan situasi ini maka benar-benar kita harus memperhatikan apa yang dianjurkan pemerintah, “ ujar Imburi sewaktu memberikan konferensi pers di kediaman dinasnya di Manggurai, Sabtu malam lalu.

Baca Juga :   Pimpinan OPD Pemkab Teluk Wondama Teken Perjanjian Kinerja 2019

Pesan senada juga diserukan Wakil Bupati Paulus Indubri. Dia berharap adanya kasus positif di Wondama mendorong warga menjadi lebih disiplin menerapkan protokol kesehatan agar terhindar dari virus corona.

“Saya berharap masyarakat tidak bandel. Tidak boleh berkerumun, harus pakai masker, kalau ada larangan tidak boleh keluar rumah pada jam-jam tertentu, saya harap masyarakat patuhi itu, “ kata Indubri yang juga hadir dalam kesempatan konferensi pers itu.

Indubri memastikan, Pemkab akan memperketat pengawasan terhadap pergerakan manusia keluar masuk Wondama demi mencegah penyebaran Covid-19. Karena itu dia juga mengimbau masyarakat agar menunda perjalanan keluar Wondama hingga pandemi virus corona berakhir.

“Angkutan darat, laut dan udara akan lebih diperketat lagi. Semua orang dari dan ke Wondama harus memenuhi persyaratan khusus, harus punya surat jalan dan surat dari tim Covid dan surat sehat, rapid test paling tidak.
Ke depan kita akan lakukan pembatasan pergerakan orang di Wondama ini Supaya orang tidak bergerak sembarang tetapi tetap memperhitungkan aspek ekonomi, “ ucap orang nomor dua Pemkab Wondama ini. (Nday)

Baca Juga :   Kampanye di Wondama, PDIP : Pilih dengan Hati Nurani Jangan Karena Dikasih Uang

Pos terkait