Warga Miskin Perdesaan di Wondama Dilatih Manajemen Usaha untuk Bangun Ekonomi Kerakyatan

  • Whatsapp

WASIOR – Puluhan warga miskin pedesaan dari sejumlah distrik di Kabupaten Teluk Wondama, Papua Barat mengikuti pelatihan manajemen usaha bagi masyarakat miskin pedesaan.

Pelatihan yang berlangsung 3 hari dilaksanakan untuk menanamkan pengetahuan kewirausahaan bagi warga miskin pedesaan sehingga diharapkan mampu membangun usaha secara mandiri melalui konsep ekonomi kerakyatan berbasis kesetiakawanan sosial.

Kegiatan tersebut diselenggarakan Dinas Sosial Provinsi Papua Barat bekerja sama dengan Dinsos Kabupaten Teluk Wondama.
Kepala Dinsos Provinsi Papua Barat Lazarus Indow sewaktu membuka kegiatan tersebut, Rabu malam di hotel Autumeiri Inn Wasior menyebutkan pelatihan tersebut merupakan bentuk pemberdayaan masyarakat dalam rangka memberantas kemiskinan.

Jika dahulu Dinsos identik dengan memberikan bantuan tunai kini pola yang dikedepankan adalah pemberdayaan agar masyarakat miskin baik di perdesaan maupun di perkotaan bisa mandiri.

“Kita bina masyarakat yang kurang mampu untuk bisa mempunyai usaha sendiri. Bisa usaha membuka warung, tanam tanaman seperti gaharu juga yang lainnya untuk bisa menunjang pendapatan masyarakat miskin, “ kata Lazarus.

Dia berharap melalui pelatihan tersebut masyarakat miskin pedesaan di Teluk Wondama termotivasi untuk bisa membangun usahanya dan berhasil. “Komitmen kita seperti itu makanya nanti saya akan pantau terus, “ ujar Lazarus.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Teluk Wondama Edi Waluyo juga berharap pelatihan tersebut mampu mendorong semangat wirausaha bagi warga miskin terutama yang tinggal di wilayah terpencil. (Nday)

Pos terkait