Tidak Ada Kendala, 28 Calon Jamaah Haji Haltim Siap Diberangkatkan

  • Whatsapp

HALTIM,Kabartimur.Com – tidak ada kendala 28 Calon Jamaah haji  Kabupaten Halmahera Timur (Haltim) telah siap diberangkatkan hal ini disampaikan Kasi Haji dan Umroh Haltim Aminudin, Selasa (17/05/2022)

Aminudin mengatakan terkait dengan kesiapan keberangkatan 28 calon Jamaah haji Haltim itu telah siap semuanya, tinggal menunggu waktu keberangkatan.

Bacaan Lainnya

“Untuk pelunasan ke 28 jamaah haji yang mau berangkat itu sudah diselesaikan, baik itu paspor mereka yang telah diserahkan ke Kanwil Provinsi, Sahara jamah kita juga telah diambil, untuk pemeriksaan kesehatan juga telah selesai dan pada tanggal 23 Mei kita mulai jadwalkan manasik di aula Kantor Kemenag Haltim,” Ujarnya, Saat ditemui diruanganya.

Dikatakannya, tahun 2022 kuota kita hanya 28 orang, sedangkan sisanya 32 orang yang paspornya suda siapa semuanya namun tidak jadi berangkat pada tahun ini. Dan keberangkatan haji tahun ini disesuaikan dengan batasan umur yakni batas 65 tahun, diatas 65 tahun tidak boleh berangkat.

“Aturan yang mengatur terkait dengan batasan umur itu terdapat pada peraturan mentria agama terbaru nomor 430 dan juga berdasarkan keputusan dari pemerintah Arab Saudi karena situasi Covid,” Jelasnya.

Kata dia, Dengan adanya keterbatasan Jama’h haji karna di Indonesia hanya mendapatkan kuota 100 ribu, maka dibagi dengan 34 Provinsi maka Provinsi Maluku Utara hanya mendapatkan kota 489 orang dibagi dengan masing-masing Kabupaten/kota maka Haltim hanya mendapatkan.

“Untuk itu, Keberangkatan jamah haji di Maluku Utara mendapat gelombang kedua sehingga Keberangkatan itu diatas tanggal 20 Juni, namun  keberangkatan dari maba juga belum ada kepastian,” tandasnya.

“Mudah-mudahan setelah dilaksanakan keberangkatan jamah haji tahun ini, maka pada tahun 2023 tidak ada lagi pembatasan keberangkatan Jamah maka yang tertunda pada tahun ini bisa berangkat pada tahun depan,” pintanya.

Dirinya menambahkan Sampai dengan hari ini jumlah pendaftaran jamah Haji kita di Haltim sebanyak 987 orang ditamba lagi dua kali penundaan sehingga waktu tunggu jamah haji Haltim sekitar 19 tahun. (Red/Ruslan )