TBPAP Launching Gerakan Membaca di Manokwari

  • Whatsapp

Kabartimur.com, MANOKWARI — Peningkatan  dan pengembangan budaya literasi di kabupaten Manokwari  sangat membutuhkan  perhatian serius  dari masyarakat umum  dan pemerintah.

Hal ini terlihat dari hadirnya berapa Taman  Bacaan Pustaka Anak Papua (TBPAP) dan  beberapa Taman Bacaan yang lain  di Manokwari dengan aktivitas  mendidik, melatih, mengajar , berkreasi,  dan sebagainya.

Ditahun 2020 ada beberapa  Rangkaian event Manokwari membaca  yang dilakukan oleh pengelolah TBPAP yakni Launching gerakan Manokwari membaca menyongsong HUT PI di Tanah Papua yang gelar di Aula Gedung Wanita sabtu 15 februari 2020, kemudian Manokwari membaca menyongsong HARDIKNAS yang akan dilaksnakan pada bulan Mey mendatang, Manokwari membaca menyongsong libur  pada bulan Juli 2020, Manokwari membaca menyongsong HUT RI bulan agustus 2020, Manokwari membaca menyongsong HUT GKI di Tanah Papua bulan oktober, Manokwari membaca menyongsong HUT Kab. Manokwari bulan November dan Manokwari membaca Desember ceria bulan Desember 2020.

Baca Juga :   Bupati Manokwari Lantik 45 Kepala Kampung se-Distrik Warpramasi

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Papua Barat, Barnabas Dowansiba, M.Pd mewakili Gubernur Papua Barat melaunching Gerakan Manokwari membaca 2020.

Dalam sambutannya, Gubernur berpesan agar gerakan Manokwari Membaca dapat dilaksanakan terus menerus.

Kepada penggiat literasi, Gubernur berharap agar momentum ini tidak tidak hanya sebatas gebyar ceremony, tetapi menjadi gerakan  mengasah diri sendiri untuk berpikir, bertindak dan menciptakan karya positif.

Gerakan membaca juga harus berakar menjadi sentral  transfer ilmu yang dapat menambah Cakrawala berpikir untuk generasi yang akan datang.

“Gerakan Manokwari membaca 2020 adalah panggilan hati sebagai sebuah rem untuk  membentengi generasi muda dari bahaya  negatif dan dampak dari kemajuan zaman ini, ” kata Gubernur.

Disampaikan Gubernur, Indonesia maju bukan hanya  karena karya presiden dan wakil presiden, gubernur dan wakil gubernur, bupati dan wakil bupati, lembaga  legislatif, eksekutif ataupun yudikatif,akan tetapi Keberhasilan Indonesia juga karya pemimpin agama, budayawan, pelaku usaha, buruh, pedagang, inovator, maupun petani, nelayan, para pendidik termasuk para penggiat literasi yang bergerak dalam komunitas baca yang turut serta dalam usaha mencerdaskan kehidupan bangsa serta karya  seluruh anak bangsa indonesia.

Baca Juga :   Bupati Manokwari akan Serahkan Pengelolaan Sampah ke Pihak ke Tiga

Oleh karena itu, pemerintah provinsi Papua Barat terus  maju berupaya melakukan perubahan dan pembangunan disegala bidang. turut aktif mencerdaskan kehidupan bangsa lewat pembangunan SDM dengan berbagai program  seperti beasiswa bagi putra putri Papua Barat sebagaimana saat ini Papua barat memiliki mahasiswa yang sekolah  didalam maupun luar negeri.

Selain itu, pemerintah provinsi melalui instansi  terkait akan terus mengawal pergerakan pembangunan pendidikan diseluruh kabupaten/kota  dan turut aktif bersinergi dengan semua pihak lembaga  pendidikan formal dan nonformal untuk menyiapkan  generasi bangsa yang terampil, edukatif, unggul dan bermental juang untuk membangun bangsa dan negara.

“Jika  Injil dimulai dari Mansinam dan tersiar ke seluruh Tanah Papua maka sudah saatnya gerakan membaca pun harus dimulai dari Manokwari hingga ke pelosok Tanah Papua,” kata Barnabas mengakhiri sambutan Gubernur. (*)

Baca Juga :   Kapolres Manokwari Mendapat Promosi dari Kapolri Dengan Meninggalkan Kasus yang Belum Tuntas

Pos terkait