Pencanangan Kampung KB Diharapkan Menjangkau Seluruh Dusun Terpencil

  • Whatsapp

MANOKWARI-Dengan pencanangan Kampung KB, diharapkan Program KB akan dapat bergema kembali dan menjangkau masyarakat, terutama di desa-desa serta dusun-dusun terpencil.

Harapan tersebut disampaikan Wakil Bupati Manokwaru, Edi Budoyo dalam sambutannya pada Pencanangan Kampung KB di Kampung Aipiri, distrik Manokwari Timur, Selasa (6/11).

Wabup mengatakan tujuan Pencanangan Kampung KB untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat di tingkat kampung atau desa, melalui program kependudukan, Keluarga Berencana, dan pembangunan keluarga serta pembangunan sektor terkait dalam rangka mewujudkan keluarga kecil berkualitas.

“Pembentukan Kampung KB merupakan tindak lanjut arahan Bapak Presiden Republik Indonesia, agar manfaat program KB dapat lebih dirasakan secara langsung oleh masyarakat terutama yang berada di wilayah miskin, padat penduduk, tertinggal, terpencil dan wilayah nelayan di seluruh tanah air. Bapak Presiden juga telah memberikan arahan agar pelaksanaan program KB lebih fokus kepada masyarakat kurang mampu dan masyarakat tidak memiliki akses terhadap fasilitas kesehatan,” ungkapnya.

Sejalan dengan kebijakan pemerintah, dijelaskan Wabup bahwa Undang-Undang Nomor 52 Tahun 2009 tentang Perkembangan Kependudukan dan Pembangunan Keluarga sebagai dasar pelaksanaan program kependudukan dan keluarga berencana. Dan sesuai dengan arah kebijakan pembangunan nasional pemerintah periode 2015 – 2019.

“BKKBN diberi mandat turut menyukseskan agenda prioritas pembangunan (Nawacita), terutama pada agenda prioritas meningkatkan kualitas hidup manusia indonesia melalui pembangunan kependudukan dan keluarga berencana. Dalam hal ini kemudian disepakati agar BKKBN segera dapat membentuk Kampung Keluarga Berencana (Kampung KB),” pungkas Edi Budoyo.

Pos terkait