Spirit HUT RI ke-77 : Pemkab Wondama Prioritas Pemulihan Ekonomi serta Kualitas Pendidikan dan Kesehatan

WASIOR – Bupati Hendrik Mambor menyatakan pemulihan kondisi ekonomi daerah merupakan salah satu prioritas Pemkab Teluk Wondama dalam tahun ini.

Upaya pemulihan ekonomi dilakukan antara lain melalui kegiatan bidang pertanian dengan menggalakkan penanaman jagung serta di sektor perikanan melalui pemantapan perikanan tangkap juga budidaya rumput laut.

Termasuk melalui penyaluran bantuan sosial tunai (BST) oleh Dinas Sosial juga bantuan modal usaha bagi pelaku UMKM oleh Dinas Perindagkop.

Melalui skema itu diharapkan perekonomian daerah yang terpuruk akibat pandemi Covid-19 bisa pulih dan bangkit kembali.

Hal itu sejalan dengan spirit HUT RI ke-77 yang mengusung tema Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat.

“Pada saat yang sama di tahun ini juga Pemda berupaya untuk menyediakan infrastruktur untuk mendukung pembangunan kembali ekonomi daerah, “jelas Mambor kepada awak media usai upacara HUT RI ke-77 di lapangan apel kantor bupati di Isei, Rabu (17/8/2022).

Baca Juga :   Satgas Yonif Raider Khusus 136/TS Gelar Bakti Sosial Bersihkan Jalan di Kampung Kewo, Kaimana

Bupati mengatakan Pemkab Wondama telah melakukan koordinasi dengan Pemprov Papua Barat juga pemerintah pusat untuk penyediaan infrastruktur yang dibutuhkan untuk mendukung pemulihan ekonomi daerah.

Antara lain revitalisasi Pasar Sentral Iriati menjadi pasar modern juga moda transportasi untuk pelayaran antar pulau dan distrik pesisir.

“Mudah-mudahan tahun depan ada sejumlah program yang sudah diusulkan tahun ini yang cukup mendapat perhatan dari pusat mudah-mudahan itu bisa terealisir sehingga tahun depan sudah bisa terlaksana, “ucap Mambor.

Wakil Bupati Andarias Kayukatuy menambahkan, selain pemulihan ekonomi, peningkatan mutu layanan pendidikan dan kesehatan juga menjadi prioritas Pemkab Teluk Wondama.

Andi, sapaan karib Wakil Bupati menyebut tiga sektor itu menjadi pilar utama yang wajib mendapatkan perhatian khusus agar Wondama bisa secepatnya bangkit dari keterbelakangan yang selama ini dialami.

Baca Juga :   Mambor-Andi Pemenang Pilkada Wondama, Unggul 185 Suara atas Auri-Auparay

“Tiga sektor itu harus dipulihkan sehingga kita bisa bangkit dari kemiskinan dan bangkit dari segala keterbelakangan kita.

Oleh karena itu Pemda terus memprogramkan pemulihan ekonomi yaitu di bidang pertanian dan perikanan sehingga di tahun yang akan datang kita bisa bangkit dari semua keterpurukan kita, “kata Andi. (Nday)

 

 

Pos terkait