Sosok IYL Dimata Guru di Gowa

  • Whatsapp
Fatmawati dengan siswanya

Fatmawati Sommeng adalah salah seorany guru senior di Kabupaten Gowa, meniti karir sebagai guru biasa, saat ini istri M Natir Dg Siala ini dipercaya sebagai kepala sekolah di SMA Negeri 1 Pallangga. Sudah 10 tahun Fatmawati memegang tampuk kepemimpinan di SMA kebanggaan warga Pallanga itu.

Sejak meniti karir sebagai guru, hingga ke jenjang kepala sekolah, Fatmawati adalah salah satu saksi hidup bagaimana selama 10 tahun Ichsan Yasin Limpo membangun peradaban khsusnya bidang pendidikan di Gowa. Adik kandung mantan Sekda Gowa Yusuf Sommeng ini saat ditemui di rumahnya di bilangan Kampung Jangka, Kecamatan Pallangga, mengatakan sosok Ichsan Yasin Limpo tidak dapat tergantikan, kepeduliannya terhadap kesejahteraan guru, serta pendidikan di Gowa selama ini sangat luar biasa.

Dari tangan Bupati Gowa Dua periode itu menurut Fatmawati, lahir SMA 1 Pallangga.
“Dulunya lokasi SMA 1 Palangga itu rawa, sebagian bahkan ditanami padi, berkat dukungan pak Ichsan, kami bisa membangun SMA 1 Pallangga menjadi salah satu SMA yang terkemuka di Kabupaten Gowa. “Tentu saja ini juga berkat dukungan bupati Gowa saat ini, Adnan Purichta Ichsan, yang juga punya perhatian besar terhadap pendidikan,”tambah Fatma.

Kebijakan Kelas Tuntas Berkelanjutan (SKTB) menurut Fatmawati, adalah salah satu kebanggan dari guru dan pelajar di Gowa, sebab kata dia, program ini adalah program pengajaran yang lebih modern dibanding kabupaten lain yang masih memakai program yang sebenarnya sudah lama ditinggalkan. Program SKTB ini juga tambah, Fatma semakin pas dengan diterapkannya pendidikan gratis secara konsekwen di Gowa.

“Boleh ditanyakan ke siswa atau orangtua siswa, kami menerapkan pendidikan yang betul betul tidak membebani orangtua siswa, sehingga siswa dapat fokus belajar tanpa adannya kekawatiran terkait biaya pendidikan,”jelasnya. Tak hanya itu, kata dia, selama ini Pemkab Gowa sangat memperhatikan siswa siswa yang berprestasi, bahkan banyak tamatan SMA di Gowa dibiayai oleh Pemkab untuk kuliah di beberapa universitas terkemuka di Indonesia.

“Saya dan para guru di Gowa selalu terinspirasi dengan kegigihan bapak Ichsan membangun pendidikan di Gowa dengan ketulusan dan keikhlasan, Sulit mencari sosok sekaliber beliau. Kami menaruh hormat dan simpati yang begitu besar terhadap beliau, semoga tekad dan perjuangan beliau memajukan pendidikan tak hanya dirasakan masyarakat Gowa saja, masyarakat Sulsel saat ini pun menantikan sosok IYL sebagai penerobos menuju pendidikan yang bermartabat dan lebih menodern,”pungkas Fatmawati Sommeng. (budi)