Serahkan 3.001 Paket Bansos Corona untuk Wondama, Dominggus : Lembaga Agama Punya Data Umat yang Tepat

  • Whatsapp

WASIOR – Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan menyalurkan bantuan sosial berupa bahan pokok (bapok) kepada masyarakat terdampak virus corona atau Covid-19 di Kabupaten Teluk Wondama.

Sebanyak 3.001 paket bapok disalurkan kepada warga terdampak melalui lembaga keagamaan masing-masing. Gubernur Dominggus menyerahkan secara simbolis paket bapok tersebut kepada perwakilan dari setiap denominasi agama di Gedung Sasana Karya, kompleks kantor bupati Teluk Wondama di Isei, Rabu (3/6/2020).

Dominggus mengatakan Pemprov memilih menyalurkan bantuan bagi warga terdampak Covid-19 melalui lembaga keagamaan karena meyakini setiap lembaga keagamaan telah memiliki data umat/jemaat yang lengkap. Dengan begitu diyakini bantuan yang disalurkan bisa tepat sasaran.
“Kenapa lewat lembaga agama karena kita tahu lembaga agama baik gereja, masjid, pura juga yang lainnya punya data umat yang tepat. Pasti lembaga agama punya data umat yang tidak punya pekerjaan, janda berapa, duda berapa dan lain-lain, “ucap Dominggus saat memberikan sambutan.

Mantan Bupati Manokwari dua periode itu menjelaskan secara keseluruhan Pemprov menyalurkan sebanyak 82.962 paket bapok kepada warga terdampak Covid-19 di seluruh wilayah Papua Barat. Anggaran untuk pengadaan bapok dimaksud bersumber dari dana hasil realokasi dan refocusing APBD Papua Barat tahun anggaran 2020.

“Dana untuk bapok ini diambil dari pergeseran APBD tahun 2020, sebanyak 197 miliar yang kita alokasikan untuk Covid-19 dan 48 miliar yang kita pakai untuk jaring pengaman sosial yang berkaitan dengan penyedian sembako bagi umat maupun masyarakat.

Untuk tahap 1 dialokasikan 12 miliar termasuk untuk transportasi ke semua kabupaten/kota khusus untuk bama ini. Total sebanyak 82.962 paket yang kita distribusikan ke semua kabupaten/kota, “ papar orang nomor satu Papua Barat itu.
Menurut Dominggus, bantuan tersebut merupakan wujud perhatian dari pemerintah terhadap masyarakat yang mengalami kesulitan akibat pandemi virus corona. Karna itu dia berharap masyarakat tidak melihat dari berapa jumlah maupun nilai bantuan yang diberikan.

“Kami sudah hitung kita sudah bantu 25 persen dari umat ataupun masyarakat yang terkena dampak Covid-19 di Papua Barat. Kemudian yang 75 persen diharapkan bisa dibantu oleh oleh kabupaten/kota maupun dari pemerintah pusat, “ ujar Gubernur.

Bupati Teluk Wondama Bernadus Imburi pada kesempatan itu menyampaikan terima kasih dan penghargaan atas perhatian Pemprov Papua Barat atas penyaluran bantuan kepada warga terdampak Covid-19.

“Ini adalah bentuk penghargaan dan perhatian dari Bapak Gubernur untuk kami di daerah ini. Atas nama seluruh masyarakat di 13 distrik 75 kampung dna satu kelurahan saya menyampaikan terima kasih banyak. Kami akan dukung untuk pendistribusian bantuan ini dengan baik kepada mereka yang membutuhkan, “ kata Imburi. (Nday)

Pos terkait