RSUD Kota Maba Haltim Gelar Bimbingan Akreditasi

HALTIM,Kabartimur.Com – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Maba Kabupaten Halmahera Timur (Haltim) menggelar Bimbingan Akreditasi yang dihadiri langsung oleh Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS).

Kegiatan yang dilaksanakan di Aula RSUD Kota Maba, Senin (21/11/2022) itu dibuka secara resmi oleh Bupati Haltim Ubaid Yakub dan dihadiri langsung oleh Direktur Umum RSUD dr.Moh Naser, Tim Pembimbing dari Komisi Akreditasi Rumah Sakit, Asisten I, Asisten II Pemkab Haltim serta para undangan yang diundang langsung oleh pihak rumah sakit.

Bacaan Lainnya

Direktur RSUD Maba, dr Moh. Naser
Dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada para pembimbing yang telah bersedia membimbing Manajemen Rumah Sakit Maba dalam rangka kegiatan akreditasi.

Ucapan yang sama pula Naser sampaikan kepada Bupati Halmahera Timur Ubaid Yakub yang mana terus mendorong segala peningkatan dan kebutuhan kesehatan dalam rangka peningkatan mutu pelayanan kesehatan yang ada di kabupaten Halmahera Timur.

Baca Juga :   Ketua KAHMI Haltim Tegaskan Penyandingan Data Siap Kemiskinan

Direktur juga pada kesempatan itu membeberkan kondisi RSUD Maba baik dari sisi Fasilitas maupun Manajemen hingga jumlah tenaga medis yang siap melakukan pelayanan di Rumah Sakit.

Sementara Ketua pembimbing Akreditasi Yan Alian Noor dalam sambutannya menyebutkan beberapa standarisasi yang harus dipenuhi sebagaimana berdasarkan pedoman yang sudah diperbaharui salah satunya diharapkan rumah sakit mampu memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat.

Menurutnya, Inti dari pada pelaksanaan Akreditasi adalah bukan pada nilai kemampuan sekitar Rumah untuk bisa bekerja yang terbaik akan tetapi, bagaimana Rumah Sakit mampu memberikan Akses dan kualitas peningkatan Pelayanan kepada masyarakat.

Lanjut dia, yang menerima dampak dari Pelayanan adalah masyarakat, yang menentukan pelayanan terbaik atau tidak adalah masyarakat oleh sebab itu dirinya berharap Rumah Sakit bisa menjadikan Masyarakat sebagai standar ukuran penilaian.

Baca Juga :   Bupati Haltim Serahkan Bantuan Alat Tangkap Ikan Dari PT IWIP ke 20 Nelayan Desa Nusa Jaya dan Ekor

Sementara itu, Bupati Haltim Ubaid Yakub mengawali sambutannya mengucapkan selamat datang kepada Para Pembimbing atas kedatangan mereka di Kabupaten Halmahera Timur (Haltim) untuk memberikan bimbingan kepada manajemen Rumah Sakit dalam rangka Akreditasi.

Ubaid sendiri memaparkan kondisi geografis Kabupaten Haltim mulai dari perbatasan Halmahera Barat Menuju Halmahera Timur yang mana dengan jangkauan jarak yang cukup jauh sehingga menguras tenaga dan waktu untuk datang ke ibu Kota Halmahera Timur.

“Selamat datang Bapak Ketua Pembimbing akreditasi bersama rekan – rekannya di Kabupaten Halmahera Timur, beginilah Kabupaten Kami, dengan geografis yang begitu menantang untuk datang kesini, yang jelas harus melalui jalur darat yang begitu jauh, Saat ini jalur Udara Haltim Ternate juga belum beroperasi kemungkinan besar 2023 sudah bisa operasi,” ujar Bupati.

Orang Nomor satu di Pemkab Haltim itu berharap kepada pihak manajemen rumah sakit serius mengikuti bimbingan yang nantinya akan disampaikan oleh Tim pembimbing, sehingga mempermudah tahapan selanjutnya untuk tahapan survey yang mana penentuan akreditasi.

Lanjut dia, Pemerintah tentunya sangat siap mendukung program dan pelayanan kesehatan di kabupaten Halmahera Timur.ini terbukti di Kabupaten Haltim sudah ada 16 Puskesmas dari 10 Kecamatan dengan status Rawat inap.

“Dalam Waktu dekat ini Haltim juga akan mendapat bantuan 3 Unit Ambulance modern, dimana dalam ambulance itu sudah dilengkapi dengan ICU,”aku Ubaid.
Mengakhiri sambutannya, Mantas Kadis Perhubungan itu menyentil Hubungan Direktur Umum RSUD Maba dr. Moh.Naser dengan Ketua Pembimbing Akreditasi yang mana adalah senior dan Junior sehingga itu kata Ubaid ketua dan Direktur masih ada ruang untuk saling berkolaborasi dan komunikasi dan intens.

“Rupanya pak direktur junior dari ketua Pembimbing Akreditasi makanya saya pikir sangat gampang untuk membangun komunikasi dan sinergi dalam rangka kelancaran akreditasi,”cetusnya sembari membuka acara dengan resmi dan dilanjutkan dengan tahapan Bimbingan yang dimulai dari 21- 30 November 2022.
(Red/Ruslan)

Pos terkait