Rekor Lagi, Wondama Tambah 17 Kasus Covid-19 Kini Total Kasus Jadi 138

  • Whatsapp

WASIOR – Kasus virus corona atau Covid-19 di Kabupaten Teluk Wondama kembali mengalami lonjakan.

Pada Kamis, 26 November 2020 terjadi penambahan 17 kasus konfirmasi positif baru sehingga secara keseluruhan jumlah kasus Covid-19 di Wondama kini menjadi 138 kasus.

Bacaan Lainnya

Jumlah tersebut menjadi rekor baru kasus harian Covid-19 di Wondama. Sebelumnya rekor kasus harian tertinggi adalah 10 kasus yang terjadi pada satu pekan lalu.

Adapun pasien yang sembuh bertambah 1 orang sehingga total menjadi 80 kasus dan meninggal dunia 4 orang.

Juru Bicara Satgas Covid-19 Teluk Wondama dr.Yoce Kurniawan menjelaskan, tambahan 17 kasus baru berasal dari hasil pemeriksaan PCR atas 110 sampel swab hapusan tenggorokan yang dikirim ke RS Provinsi Papua Barat di Manokwari beberapa hari lalu.

Baca Juga :   Sudah Meninggal dan Pindah Alamat, 455 Petani di Wondama Tidak Terima Bansos Tunai Covid-19

“Jadi dari 110 sampel yang diperiksa ada 17 yang positif. Untuk kasus sembuh hari ini ada tambahan 1 jadi 80. Meninggal dunia 4 orang yaitu 3 orang meninggal karena Covid dan 1 orang meninggal dengan Covid,“terang Yoce dalam konferensi pers di Manggurai, Kamis malam.

Tambahan 17 kasus baru, Yoce merincikan, terdiri atas 6 orang perawat di RSUD Teluk Wondama yang bertugas di laboratorium, ruang isolasi, poliklinik dan ruang bersalin. Beberapa dari mereka merupakan kontak erat kasus positif yang telah ditemukan sebelumnya.

“(Juga) Dokter ada 2 orang, satu di Puskesmas dan satu di RS dan perawat di Puskesmas dan Pustu itu ada 4 orang, 1 anggota Polisi serta 4 orang kasus kontak erat dan pelaku perjalanan yang reaktif, “kata Direktur RSUD Teluk Wondama itu.

Perihal lonjakan kasus harian Covid-19 yang menembus 17 kasus, Yoce menjelaskan, hal itu terjadi karena adanya peningkatan jumlah pemeriksaan.

Baca Juga :   Tahun Depan Pilkada, DPRD Wondama Ingin Dukcapil Sinkronisasi Ulang Data Pemilih dengan KPUD

Pasalnya sejak minggu lalu pengambilan swab dan pengirimannya ke RS Provinsi Papua Barat di Manokwari tidak hanya dilakukan di RSUD tetapi juga dilakukan di dua Puskemas yaitu Puskesmas Wasior dan Wondiboi.

“Sehingga pengiriman itu bukan satu sekali tapi bisa dua sampai tiga kali seminggu. Jadi kami berterima kasih sekali rekan-rekan Puskesmas sudah bisa mengambil dan mengirim swab ke provinsi dengan dikoordinir Dinas Kesehatan, “ujar Yoce.

Tambahan 17 kasus baru per 26 November 2020 menjadikan kasus aktif Covid-19 di Wondama meningkat menjadi 54 orang.

Dari jumlah itu sebanyak 34 orang dirawat di RS dan 19 orang isolasi mandiri di rumah. Sementara 1 orang melarikan diri dari ruang isolasi dan belum ditemukan.

“Untuk keadaan pasien yang kita rawat, saat ini ada 2 yang bergejala berat. Tapi kedua-duanya sudah melewati hari ke-7 jadi mudah-mudahan keduanya bisa melewati masa kritis, “kata dokter ahli saraf itu menambahkan. (Nday)

Baca Juga :   Wondama Tambah 4 Kasus Covid-19 Baru, Dua Merupakan Petugas Medis, Total Jadi 74 Kasus

Pos terkait