Raker Kwarcab Pramuka Luwu Utara, Wakil Bupati Tekankan Berinovasi

LUWU RAYA, Kabartimur.com – Wakil Bupati Luwu Utara (Lutra) Sulawesi Selatan (Sulsel) sekaligus Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Lutra, Suaib Mansur menitipkan harapan agar seluruh program dari Gerakan Pramuka dapat lebih kreatif, inovatif, dan adaptif atau mengikuti perkembangan zaman.

Hal tersebut disampaikan Suaib pada media ini, Minggu (5/2/2023), karena kita telah keluar dari situasi pandemi Corona, sehingga penyesuaian yang sebelumnya telah dilakukan, perlu lebih ditingkatkan dengan inovasi-inovasi yang baru.

“Kegiatan Pramuka tidak boleh berhenti. Salah satu prinsip dari Pramuka itu adalah pantang putus asa. Jadi, kita harus menyusun program yang inovatif dan adaptif mengikuti perkembangan zaman dan mengikuti situasi yang ada saat ini,” sebut Suaib dalam sambutannya pada pembukaan Rapat Kerja Cabang (Rakercab) Gerakan Pramuka Kwarcab Luwu Utara julukan Bumi Lamaranginang, di Aula Lagaligo Kantor Bupati Lutra, Jalan Simpurusiang Kelurahan Bone Tua Kecamatan Masamba, Sabtu (4/2/2023) kemarin.

Baca Juga :   KMD Pertama Hasilkan 35 Pembina Baru, Gerakan Pramuka di Wondama Diharap Semakin Berkembang

Kegiatan yang bertujuan untuk menyusun pedoman kerja di tahun 2023 ini dilaksanakan dengan menghadirkan pengurus Kwarcab serta seluruh Kwartir Ranting untuk bisa memberikan saran dan masukan kegiatan dan program apa saja yang akan dilaksanakan selama 1 tahun mendatang.

“Gerakan Pramuka ini tiada lain untuk menyiapkan remaja dan pemuda dari pembangunan estafet kepemimpinan melalui pendidikan karakter. Apalagi di wilayah Bumi Lamaranginang, Pramuka ini memang cukup banyak partisipasinya di
masyarakat,” tuturnya.

Di Lutra sendiri, Pramuka banyak berkolaborasi dengan banyak pihak, untuk terus melakukan pengabdian kemanusiaan.

“Pramuka Kwarcab Lutra juga aktif untuk membantu saudara-saudara kita yang terkena bencana banjir di beberapa kabupaten. Tim Pramuka Peduli selalu siaga dalam kesiapsiagaan bencana di seluruh wilayah di Sulawesi Selatan,” ujarnya.

“Untuk persiapan pelaksanaan Lomba Tingkat Tinggi (LTT)-III yang seharusnya sudah dilakukan,” tambahnya.

Baca Juga :   Kemenkumham Meraih Terbaik Kedua dalam Penghargaan Germas Award Tahun 2023

“Sebagai ajang jumpa kecakapan pada pelaksanaan LTT-III, Suaib juga berharap agar segera membentuk panitia dan sekaligus rapat pemantapannya, untuk itu tidak lewat bulan Februari 2023
ini sudah kita laksanakan,” tegasnya mengingatkan.

Raker Kwarcab ini juga dihadiri oleh Majelis Pembimbing Cabang dan Ranting Pimpinan dan Andalan Kwarcab serta perwakilan dari Polres Luwu Utara serta para tamu undangan lainnya.

Dan akhirnya tak kalah pentingnya yang harus dibahas yakni, menajamkan kemampuan berinovasi. ” Ini momentum bagi kita untuk mengasah kemampuan berinovasi,” jelasnya, (Red/Yustus)

Pos terkait