Puluhan Regu Ikut Lomba Gerak Jalan Meriahkan HUT RI ke-78 di Wondama

WASIOR – Sedikitnya 30 regu turut berpartipasi pada lomba gerak jalan dalam rangka memeriahkan hari ulang tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia ke-78 di kota Wasior, Kabupaten Teluk Wondama, Senin (14/8/2023).

Bupati Hendrik Mambor bersama Wakil Bupati Andarias Kayukatuy hadir langsung membuka lomba gerak jalan yang mengambil rute dari depan gedung eks Puskesmas Wondiboi menuju kantor bupati Teluk Wondama di Isei.

Rute yang ditempuh sepanjang lebih kurang tiga kilometer.

Sebelum melepas regu gerak jalan, Bupati Hendrik Mambor mengajak seluruh peserta mengenang kembali perjuangan para pahlawan yang rela mempertaruhkan segala miliknya termasuk nyawanya sendiri untuk kemerdekaan Indonesia.

Semangat pantang mundur dan rela berkorban seperti itulah yang mesti diteladani masyarakat Teluk Wondama terutama kalangan generasi muda.

“78 tahun yang lalu para pahlawan yang berjuang untuk kemerdekaan Indonesia, bermandi keringat, tenaga pikiran bahkan mandi darah bahkan jiwa raganya. Itu pengorbanan yang sangat besar. Dan kita sekarang adalah generasi yang menikmati apa yang telah diperjuangkan oleh para pahlawan, “ucap Mambor.

Baca Juga :   Panwaslu Kab. Tana Toraja Ajak Pers, Mahasiswa, dan Pemuda Awasi Pemilu

“Oleh karena itu walaupun panas, teriknya matahari di siang hari ini saya percaya para peserta lomba tetap punya semangat yang tinggi sama dengan para pahlawan yang berjuang untuk kemerdekaan Negara Republik Indonesia,” lanjut bupati.

 

Meski berlangsung di tengah cuaca yang cukup panas namun rupanya hal itu tidak menyurutkan antusiasme para peserta. Mereka terpantau tetap semangat menampilkan beragam variasi juga atraksi unik lainnya di sepanjang rute yang dilewati.

“Kitong ikut gerak jalan ini untuk memeriahkan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia. Jadi walaupun panas kitong harus tetap semangat, “kata Mario, salah satu peserta gerak jalan.

Lomba gerak jalan itupun menjadi tontonan sekaligus hiburan gratis bagi warga di sepanjang rute yang dilalui. Selain gerak jalan, beragam perlombaan lain juga digelar untuk memeriahkan hari kemerdekaan ke-78.

Baca Juga :   Buka Puasa Bupati Imburi Ajak Pengusaha Muslim Jadi Bapak Angkat Warga Lokal

Antara lain tarik tambang dan balap karung untuk lingkup ASN dan TNI/Polri yang telah digelar pada Senin pagi. Sebelumnya sudah berlangsung lomba menyanyi solo untuk pelajar pada 12-13 Agustus lalu.

Beberapa jenis kegiatan juga akan digelar seperti parade kendaraan hias serta panjat pinang yang dijadwalkan berlangsung usai upacara bendera pada 17 Agustus nanti. (Nday)

 

 

Pos terkait